Select Page

Untuk oil analysis rotating equipment dengan tujuan condition monitoring  sebaiknya dilakukan di lab milik perusahaan yang juga memproduksi oli tersebut.

Tanya – Riki Sapari

Dear milister, 

Mohon informasinya mengenai judul email ini mengenai third party yang memiliki fasilitas untuk melakukan oil analysis untuk rotating equipment. Silahkan japri ke saya untuk lebih lanjutnya. Terima kasih. 

Tanggapan 1 – Gentur

Bapak bisa ke Trakindo, corelab atau oil clinic Pertamina, untuk oil clinic lebih komplit analisis nya salah satu nya foam analysis yg jarang di miliki oleh perusahaan lain.

Tanggapan 2 – Taufik Firmansyah

Pak Riki, Untuk oil analysis rotating equipment dengan tujuan condition monitoring  sebaiknya dilakukan di lab milik perusahaan yang juga memproduksi oli tersebut. Mengapa demikian? Supaya lab tersebut memiliki pembanding yang akurat antaraoli yang terpakai dengan komposisi original dari oli sebelum dipakai. Kadang kala ada spec additive yang tidak diketahuioleh lab third party karena merupakan proprietary dari perusahan produsen oli tersebut.

Tanggapan 3 – Furkan Jadid

Ada parameter2 standard yang dipakai sebagai acuan standar kualitas oli, apapun merknya, misalnya viskosity, TAN, TBN, kadar abu dll.

Rasanya lab pelumas bisa mendapatkan parameter standard tersebut diatas. 

Tanggapan 4 – Helmi Wiratran

Pak Riki,

Kalau saya untuk oil analysis pernah menggunakan

www.petrolab.co.id

Parameter analisanya terbilang lengkap mencakup physical test, metal additive, contaminant, wear metal dsb.

Mungkin bisa jadi referensi dan untuk on-site analysis menggunakan OSA http://www.on-siteanalysis.com/dulu cukup membatu seh untuk predictive action (studi kasus heavy equipment).

Tanggapan 5 – Rusdi Hidayat Susilo

Setahu saya lab Lemigas lengkap dan bersaing harganya.

Tanggapan 6 – Rickie Edwardo

Pak Riki,

Menambahkan info untuk lab uji oli, di Lab S.O.S Trakindo juga cukup lengkap untuk uji parameter nya. Kantor kami sering supply alat ke Lab mereka.