Select Page

Seyogyanya sebelum inspeksi dilakukan harus disah-kan dulu prosedur-prosedur termasuk kriteria keberterimaan (acceptance criteria) apa yang anda inspeksi, sehingga sebagai seorang inspektur anda tak perlu bertanya. Dan sebaliknya jika tidak ada prosedur yg sah serta kriteria yang diacu, maka anda tidak boleh mulai melakukan inspeksi. 

Tanya – Agung Pramu Aji

Dear para suhu migas khususnya dibidang mechanical

Maaf karena ini baru pertama saya melakukan inspeksi, saat ini saya telah melakukan inspeksi untuk duct, banyak perbedaan antara di ukuran gambar dan aktual, perbedaanya bervariasi antara 1 sd 15mm, pertanyaanya :

1. Apakah perbedaan tersebut dibolehkan ataukahh harus direpair?

2. Apakah perbedaan tersebut akan bermasalah pada saat di install?

3. Adakah standar yg berhubungan dg inspeksi duct, serta standar instalasi duct?

Mohon pencerahanya dari para suhu migas yang sudah pengalaman.

Tanggapan 1 – Dirman Artib

Seyogyanya sebelum inspeksi dilakukan harus disah-kan dulu prosedur-prosedur termasuk kriteria keberterimaan (acceptance criteria) apa yang anda inspeksi, sehingga sebagai seorang inspektur anda tak perlu bertanya. Dan sebaliknya jika tidak ada prosedur yg sah serta kriteria yang diacu, maka anda tidak boleh mulai melakukan inspeksi.  Jadi quality itu harus dimulai dgn perencanaan dan diakhiri dgn keberterimaan. Tanpa rencana tak ada tanda terima (alias illegal)

Tanggapan 2 – Agung Pramu Aji

Yang saya hormati Uda Dirman

Terima kasih atas informasinya uda, jadi begini uda, inspeksi saya disini hanya meliputi visual check untuk memastikan duct yg kita pesan ke vendor sesuai dengan digambar untuk kemudian duct tsb akan dikirim ke site, adapun acceptance criteria saya akan coba tanyakan kepada atasan saya, 

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas informasinya.

Tanggapan 3 – Catur JP

Pak Agung,

Ini duct untuk hvac system bkn ya? Klo iya, beda 15mm tak jd masalah. Yg masalah bila ducting clash dgn disiplin lainnya. Please cmiiw.

Tanggapan 4 – Aank

Kalau owner barang tidak punya criteria? Bisa kan minta acceptance criteria kepada pembuat (yang sudah biasa buat dan pasang) atau ref yang lain, misal bertanya di maillist?

Menurut pengalaman saya, ducting adalah dari material tipis. Dalam fabrikasinya Toleransi 15mm sangat mungkin. Hanya saja dibagian coupling atau flange dipastikan match but to end nya alias seminimal mungkin (1.5mm) sehingga lubang baut ketemu lubang baut (flange type) atau level di compling area (type coupling joint).

Tanggapan 5 – Dirman Artib

Krtieria itu bisa berasal dari spesifikasi owner/client atau manufacture specification, jadi pak aank17 memang benar, cuma kriteria itu kan harus tertulis, boleh dalam spesifikasi, prosedur atau apalah namanya yg valid sebagai sebuah dokumen perencanaan mutu.Bukanlah kriteria namanya jika hanya ada di kepala masing-masing Engineer atau Inspector atau “atasan”. Hal begitu bukanlah cara bekerja orang Ahli Teknik (nama lain pengganti Insinyur setelah erupsi gunung berapi dan abu vulkanik Sinabung dan Kelud :)). Betul apa benar-benar betul (?)

Tanggapan 6 – Agung

Untuk pak Catur: Duct untuk Boiler pak.Untuk Pak Aank dan pak Dirman terima kasih atas informasinya pak, memang benar yang dikatakan pak Dirman. Saya seharusnya membuat ITP (Inspection Test Plan) untuk mendapatkan acceptance criteria dan diajukan ke client.

Share This