Select Page

Sedikit saran terkait masalah timbulnya cairan, mungkin posisi PDT bisa direlokasi untuk lebih dekat dengan tap point. Sehingga kemungkinan terjadi kondensasi dapat diminimalisir. Karena kondensasi inilah yang menjadi penyebab timbulnya liquid.
Tanya – Peki Hariyanto
Dear Rekan Migas,
Mohon masukkannya mengenai cara mengatasi liquid yang terjebak di pressure differential transmitter untuk gas metering (custody meter). Dengan adanya liquid yang terjebak di tubing PDT tersebut sangat mengganggu pembacaan dari PDT, sehingga setiap hari 2x harus di venting. Rencananya mau di tambahkan liquid trap sebelum masuk ke PDT, apakah kira2 akan mengganggu dari keakuratan pembacaan alat ukur tersebut dan juga apakah di perbolehkan untuk custody meter atau ada di antara rekan-rekan yang pernah mengalami masalah yang sama dan sekarang sudah teratasi. Mohon sharingnya. Terima kasih.
Tanggapan 2 – Miftachul Munir
Bagaimana kalau dipasang condensate pot ? mudah2an dapat membantu.
Tanggapan 3 – Peki Hariyanto
Pak Munir,
Terima kasih atas masukkannya, jika di pasang condensate pot kira2 akan mempengaruhi DP transmitter gak ya karena berfungsi sebagai barrier jadi kawatirnya ada perbedaan pressure antara inlet dan outlet condensate pot nya ?
Tanggapan 4 – Anthony
Pemasangan lokasi device terhadap TP mempengaruhi pengukuran dari device tersebut, juga termasuk actual hook up nya. Bila device telah berada di atas TP namun actual hook up dr tubing menimbulkan potential water pocket, juga mempengaruhi perhitungan DP transmittal tersebut. Coba di telusuri actual hook up dr tubing instalation nya.. Good luck
Tanggapan 8 – Rachmadi Indrapraja 
Dear Pak Peki,
Saya belum pernah tahu soal diperbolehkan atau tidak penggunaan liquid trap pada PDT.
Sedikit saran terkait masalah timbulnya cairan, mungkin posisi PDT bisa direlokasi untuk lebih dekat dengan tap point.
Sehingga kemungkinan terjadi kondensasi dapat diminimalisir.
Karena kondensasi inilah yang menjadi penyebab timbulnya liquid.
Tentunya pekerjaan relokasi seharusnya lebih cepat, lebih murah, dan mudah dibandingkan penambahan trap.
Demikian Pak Peki, semoga masukkannya dapat bermanfaat.
Share This