Select Page

sulit mendapatkan Helm untuk pengendara sepeda dengan spec./seritifikat Industrial. Kecuali suatu hari nanti demand di industri tinggi mungkin saja manufaktur helm dan lembaga sertifikasi akan merumuskannya. Helm itu fungsinya mitigasi tool untuk melindungi kepala ketika kita sudah terjatuh, agar severity benturan dengan beton/aspal yang lebih keras dari kepala kita… bisa diminimalisir.

Tanya – Hendra Messa

Rekan2 sekalian, 

Di petrochemical plant, oil refinery ataupun gas processing plant, ada area2 tertentu yg tak bisa dimasuki kendaraan tanpa alat pelindung khusus ( spark arrester , chalvin valve dll ). Untuk kepraktisan akhirnya di area tsb, banyak digunakan sepeda utk transportasi jarak dekat, biasa digunakan oleh pekerja kontraktor atau labour supply, begitulah kebiasaan praktis di bbrp tempat.

Saat bersepeda pekerja atau kontraktor menggunakan safety helmet yg biasa digunakan utk di plant juga, suatu saat terjadi kecelakaan dan helmet tsb tak bisa sepenuhnya melindungi kepala. karena helm yg digunakan adalah safety helmet biasa yg tak dirancang khusus utk pesepeda. 

Sehingga akhirnya timbul ide perbaikan utk mencari safety helmet yg sesuai utk dipakai bersepeda tapi juga bisa dipakai utk keperluan sehari2 di plant ( industrial standard), spt merek MSA, Bullard dll. Saya telah coba searching di internet, tapi belum menemukan yg pas ( standardnya bisa utk industrial use & bicycle transportation).

Tapi ternyata tak mudah menemukan helm sepeda yg sesuai juga dg standar industri,karena helm sepeda biasanya mengacu pada standard olahraga, bukan pada standard industri , semisal ANSI/ NZ standard, BS dll. Saya mau tanya pada rekan2 yg di tempat kerja nya ( plant ; refinery,gas processing, petrochemical dll) , juga menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi di area plant ?, 

Apa standar yg digunakan sebaga acuan dlm penentuan helm speda tsb ?apakah ada helm sepeda yg bisa jadi safety helmet juga ( industrial standard), dalam arti, standardnya bisa digunakan utk dua hal tsb ? ( transportasi sepeda dan kerja standard industri ).

Terima kasih banyak bila ada yg bisa memberikan masukan,

Tanggapan 1 – Akhmad Munawir

Hendra, Rasa-rasanya akan sulit mendapatkan Helm untuk pengendara sepeda dengan spec./seritifikat Industrial. Kecuali suatu hari nanti demand di industri tinggi mungkin saja manufaktur helm dan lembaga sertifikasi akan merumuskannya. Helm itu fungsinya mitigasi tool untuk melindungi kepala ketika kita sudah terjatuh, agar severity benturan dengan beton/aspal yang lebih keras dari kepala kita… bisa diminimalisir.Helm dengan sport standard hemat saya cukup memenuhi kriteria, dimana sport standard semestinya sudah dirancang untuk mengantisipasi benturan akibat jatuh dengan kecepatan yang cukup tinggi dibandingkan pekerja di Plant, saya kira nggowes-nya juga pelan dan santai.   

Tanggapan 2 – Dirman Artib

Apabila kecepatan bersepeda dan medan yg dilalui spt rute “Tour de Singakarak”, maka sangat dianjurkan sekali pakai helm yg sering digunakan si pembalap ber-doping sekelas “Armstrong:”Kalau bersepeda hanya di dalam refinery atau chemical plant, saya rasa cukup pakai helm standard dan biasa gagah tampak di photo pesbuk. Kl nggak percaya sila lakukan sendiri hitungan risiko. Satu lagi, nggak perlu pakai sepeda yg ada “Air Bag System”-nya, cukup sepeda yg rodanya bulat, ada rem, jari-jari utuh dan terawat. Dan mohon kawan-kawan Engineer mendesain lay-out refinery tak seperti tempat untuk “outbond” (inherently safe design). Jangan tembak kutu dengan meriam Fatahillah.

Tanggapan 3 – Andrey

Sedikit tambahan pak Dirman. Untuk layout sebaiknya juga dibuatkan jalur sepeda.

Tanggapan 4 – Kreshna T. Anggara

Salam mas Hendra,

Sepertinya akan sangat sulit untuk menemukan helm untuk pengendara sepeda dengan spek yang memenuhi peraturan International untuk helm keselamatan. Saya pun pribadi belum pernah menemukan helm yang demikian. Kalo di bayangan saya lucu aja di kawasan plant pake helm full face kayak yang dipake bikers gitu. Tapi kalo boleh saya memberikan saran, seperti yang mas Hendra bilang sebelumnya terjadi kecelakaan yang berhubungan dengan penggunaan sepeda di kawasan plant. Jika sudah dilakukan investigasi terhadap kecelakaan tersebut, saya lebih berpikir bagaimana caranya untuk menghilangkan penyebab kecelakaan tersebut sebelum cepat-cepat mencari APD lain, dalam hal ini safety helmet, yang pastinya susah dicari. Karena seperti yang kita tahu, bahwa APD dalam hirarki pengendalian bahaya posisinya paling bawah.

Menurut hemat saya, mungkin diadakan training ataupun pemberian ijin khusus bagi karyawan yang memang berkompeten dalam bersepeda di kawasan plant yang high risk atau cara lain yang lebih mudah dilakukan dan mudah diaplikasikan akan lebih berdampak. Karena bagaimana pun kalo masalah penyebab kecelakaan tidak menjadi poin penting dalam perubahan alat APD, maka mau diubah APD secanggih apa pun tetap akan timbul kecelakaan yang lukanya pun akan baru juga (misal cedera pada bagian kaki, tangan atau bagian tubuh yang lain). Semoga bisa sedikit membantu mas Hendra.

Tanggapan 5 – Alvin Alfiyansyah

Kang Hendra,

Setidaknya di beberapa perusahaan Migas dan Refinery yg pernah saya kunjungi baik sebagai mahasiswa, Kontraktor maupun pegawai selama 15 tahun terakhir…belum pernah saya lihat ada yg memakai helm multifungsi dan juga setahu saya sampai saat ini helm tersebut belum pernah ada terwujud dijual baik pakai dan sudah lulus standar EN, bla bla bla… Karena testing dan design antara helm kerja dan helm sepeda akan jauh berbeda metoda-nya.

Manajemen transportasi, facility siting dan layout adalah saran pertama yang saya akan berikan yakni jalur sepeda dan jalan kaki harus dibuatkan khusus juga tempat memarkir dan menaruh sepedanya saat didalam lingkungan pabrik.

Kedua, di salah satu perusahaan Migas di Kaltim ada policy bahwa sepeda dipakai dengan helm sepeda dari mess/kantin sampai lokasi parkir sepeda di dekat area pabrik yg bebas dari drop object dan hazard lainnya. Lalu ketika masuk ke area pabrik, maka helm kerja standar yg harus dipakai dan bisa diambil di tempat aman yg disediakan. Dalam area pabrik utk surveillance yg detil utk satu process unit jalan kaki lebih disarankan, kecuali jika mobile antara process unit yg sangat berjauhan. Ngga hafal apa policynya sudah berubah atau belum. 

Atau ada juga di perusahaan lain di NKRI dan juga di middle east sini dimana helm kerja harus sudah dipakai saat memasuki area pabrik.

Jadi multipurpose helmet utk sepeda dan kerja saat ini belum ada juga mungkin jika ada akan mahal karena dari segi design dan testingnya akan sampai 3x lipat lebih ruwet dibandingkan apa yg sudah tersedia di industri saat ini, menurut saya. Disamping demand yg Munawir sudah kutip memang masih sangat minim utk keperluan multipurpose helmet. Terimakasih.

Tanggapan 6 – A. Lesto Prabhancana Kusumo

Sekedar nimbrung.Helmet untuk safety sekaligus untuk olahraga yang sesuai dengan standar keamanan umumnya digunakan oleh rekan-rekan rescue.SiBiasanya saya dan rekan-rekan untuk kegiatan Rescue dan Outdoor menggunakan merk Petzl, didalam salah satu katalognya terdapat helmet untuk sport yang berstandar ANSI termasuk untuk senter dan perlengkapan lainnya di daerah berbahaya. Salahsatunya helmet umtuk sepeda..Silahkan buka di petzl.com

Tanggapan 7 – Hendra Messa

Terima kasih rekan2 sekalian, 

Kang Alvin, uda Dirman, mas Munawir, Kresna, Lesto, dll,  atas sharing informasinya, membantu sekali.

Memang ini tampak hal yg sepele, tapi ternyata perlu penanganan khusus pula,

Just info di tempat kerja saya di area Ruwais Abu Dhabi sini, dimana, berkumpul semua industri hulu migas Abu Dhabi, mulai dari oil refinery, gas processing plant, petrochemical sampai fertilizer plant, sepeda adalah sarana transportasi praktis yg biasa digunakan oleh para kontraktor di dalam
plant area yg datar & luas sekali.

Telah beberapa kali terjadi kecelakaan pekerja terjatuh dari sepeda, walau masih luka ringan, tapi perlu penanganan segera, sebelum jadi masalah besar. Ditambah lagi pekerja kontraktor adalah org2 dari anak benua sana yg ternyata di negerinya sendiri, tak smuanya terbiasa naik sepeda.

Safety helmet yg tepat utk pesepeda dan sesuai standard industri adalah salah satu solusi dari sisi PPE., masalah yg gampang2 susah,

Sekali lagi, terima kasih banyak atas sharing nya.