Saya ingin menanyakan mengenai software ETAP, adakah di antara rekan-rekan yang telah menggunakannya? Bagaimana pendapat rekan-rekan mengenai software tersebut? Dan dimana kami bisa mendapatkan software tersebut?

Pertanyaan : (Erwin Firyadi)

Saya ingin menanyakan mengenai software ETAP, adakah di antara rekan-rekan yang telah menggunakannya? Bagaimana pendapat rekan-rekan mengenai software tersebut? Dan dimana kami bisa mendapatkan software tersebut?
Mohon pencerahannya.

Tanggapan 1 : (Enjang Kusmana – Cegelec)

Pak Erwin,
Software ETAP sudah digunakan di banyak perusahaan di Indonesia dan tentunya sudah banyak sekali yang menjadi ETAP user, terutama untuk ETAP Power Station.
Pada aplikasinya, software tersebut sangat membantu untuk study analisis kelistrikan baik untuk perhitungan maupun simulasi seperti studi analisis Load-flow, Short circuit, harmonis, motor acceleration, stabiltiy dan study yang lainnya.
Untuk memperolehnya coba hubungi PT. Peacock Technology (phone :
021-5668319).

Tanggapan 2 : (Taufik Subhi Ahmad – Technip)

Betul apa yang disampaikan pak Enjang, akan lebih mudah menganalisis electrical system memakai software ini walaupun ada beberapa software lain yang dapat digunakan seperti EDSA dan SKM. Harga software ETAP lebih mahal dibandingkan dengan yang lain tapi penggunaannya lebih familiar.
Di kantor saya sekarang pakai ETAP untuk client UNOCAL dan TOTAL.
Mungkin rekan electrical Engineer yang lain dapat membantu meyakinkan Pak Erwin (bukan promosi lho Pak!).

Tanggapan 3 : (Nibukat Zaradan)

Kalo untuk yang legal bisa menghubngi PT. Cahaya Sukses, karena perusahaan
itu agen tunggalnya ‘OTI’ perusahaan pembuat ETAPS. Kalo menurut saya
program tsb cukup powerfull, library juga banyak dan yang penting feature u/
management systemnya juga sudah mulai berkembang (bukan iklan loh…:)

Tanggapan 4 : (Bandung Winardijanto – Akerkvaerner)

ETAP, EDSA, SMK, POWER Flow, Balancing Flow, PowerNet …. itu adalah sebagian saja dari beragam software untuk perhitungan Power Network yang bisa dibeli di market saat ini. Tiap program mempunyai nilai (+) dan (-) sendiri2. Nilai (+) dan (-) ini tentunya akan berdampak pada Nilai komersial software tersebut. Akibatnya harga software sejenis ini di pasar legal bisa berkisar dari sekedar US$ 1,500 sampai US$ 250,000.
Kalau perlu (terutama kalau network nya sederhana sekali) hitungan secara manual pun akan mempunyai hasil yang sama akuratnya.

Rumus yang digunakan oleh masing2 software tersebut relatif sama, karena semua program menggunakan rumus2 power yang pernah dipelajari di perguruan tinggi. Yang membedakan adalah kemampuan database masing2 program utk melakukan berbagai teknik simulasi hitungan, seperti iterasi, statistical approach, database utk beragam alat listrik yang ada di market, dan dll.

Yang membedakan juga adalah jenis2 hitungan yang bisa dilakukan : Load
Balance, Load Flow, Short Circuit, Motor Starter, Cable Sizing, Cable Pulling, dll. Hal lain yang membedakan adalah ketelitian pemakaian digit dibelakang koma, dll.

Kita sebagai pengguna sebaiknya cukup bijak dalam menentukan pilihan kita.
Criteris simple yang bisa kita gunakan utk memilih program mana yang kita beli diantaranya adalah : Jumlah Node dan Jenis hitungan apa saja.

Misal : Kalau saya punya pabrik Garment yang fully automtic & hanya mempunyai 2 – 5 node saja di OLD nya, saya akan cukup menggunakan Power Flow atau Power Net yang harga legal komersialnya tidak lebih dari US$ 1,500, dibandingkan dengan ETAP atau EDSA yang diatas US& 15,000. Harga2 tersebut belum termasuk annual maintenance fee.

Tetapi kalau 1500 US$ pun masih dianggap mahal, maka power network di pabrik
garment tersebut, cukup kita hitung dengan tangan atau manual. Akurasi hitungan ? …. sama.

Kalau PLN ?… tentunya ETA atau EDSA, karena node yang dihitung bisa ribuan
dan jenis hitungan yang diperlukan berbagai macam. Tetapi kalau ternyata
hitungan itu diperlukan secara online tergabung dengan SCADA atau DCS …
yah tentunya ETAP karena EDSA akan tersandung.

Software legal ? .. informasi Pak Zaradan dibawah OK juga. Tetapi di Indonesia saat ini ada 2 perusahaan agen ETAP yang sama2 mengaku legal. Satu merupakan perpanjangan dari Singapore, satu perpanjangan dari KL. Untuk EDSA sami mawon.

Pilih dengan bijak sebelum membeli …
Semoga masukkan inmi bermanfaat & Selamat memilih.