Mohon info apa ada pengalaman menggunakan jasa 3rd party untuk dispose produce sand? Saya dengar Indonesia akan ratifikasi aturan London -> zero discharge di offshore sehingga dilemanya adalah : kirim ke terminal di onshore (dengan resiko pipa penuh pasir, dsb) atau stop sumur yang berpasir, atau sand ditadah di offhore dan ditransport ke darat.

Pertanyaan : (Lucas Nasution)

Mohon info apa ada pengalaman menggunakan jasa 3rd party untuk dispose produce sand. Saya dengar Indonesia akan ratifikasi aturan London -> zero discharge di offshore sehingga dilemanya adalah : kirim ke terminal di onshore (dengan resiko pipa penuh pasir, dsb) atau stop sumur yang berpasir, atau sand ditadah di offhore dan ditransport ke darat.
Mohon beritanya.

Tanggapan 1 : (Ilham – Sengkang Gas Field)

Memang sedikit menjadi dilematis dengan kondisi apa yang dihadapi. Apalagi kalo nantinya Indonesia benar jadi meratifikasi aturan London dimana harus zero discharge di offshore, tapi kami kira setiap persoalan ada jalan keluarnya paling tidak itulah menjadi tugas untuk memikirkannya. Saya sekedar share info, mungkin kalau Bapak tertarik menerapkan metode SFI (Slurry Fracture Injection), metode ini mungkin boleh juga dicoba, jadi limbah-limbah pasir Bapak itu mungkin bisa
dikembalikan ke formasinya sendiri. Meski metode ini masih dalam batas uji coba namun sudah menunjukkan trend yang positipf (baik) dan rekan CPI sudah menerapkan. Kami ada dokumen mengenai SFI ini (Bila Bapak Tertarik), tapi gimana cara mengirimnya yah. Kami coba usahakan kirim nanti melaui teman yang off ke Balikpapan and diserahkan ke Pak Ardian Nengkoda, karena masih sebagai hard copy sih. Kami kira kalau produced sand tidak terlalu besar, mungkin untuk saat ini bisa ditampung sementara di onshore untuk process treating selanjutnya.

Tanggapan 2 : (Lay King Wie)

Ada rekan CPI yang bisa verita tentang sand disposal di CPI ?
Di TOTAL seorang kawan cerita mereka memakai wellhead desander untuk trap sand tapi belum jelas – sand yang di trap diapakan, kawan TOTAL boleh cerita ?

Tanggapan 3 : (Elwin Rachmat – Total)

Pengalaman di Total E&P Indonesie akan dipresentasikan pada Drilling & Production Meeting VII di Yogya tanggal 18/09/2003 dengan judul ‘Cyclone-based Wellhead Desanding System in Handil Oil Wells’, oleh Wangsa Sudradjat and Latief Riyanto.

Tanggapan 4 : (Ardian Nengkoda – Unocal)

Menambahkan cerita ini, landasan hukum/legal terkait:

  1. Decree Mining and Energy Minister No. 04 year 1973: ‘Residual liquid and solid which contains any endangered part of aquatic life or wild life, or harm life or assts must be handle in order to avoid any dangerous accumulation in the water’. Apakah sand termasuk ke ‘Solid’ dlm peraturan ini? Karena halo2nya kurang deras, Denger
    kabar memang BP Migas akan meratifikasi London Dumping Convention.

  2. London Dumping Protocol
    (http://www.imo.org/Circulars/mainframe.asp?topic_id=617) ….saya kurang tahu persis dgn SFI apakah terpayungi oleh standar2 Environment?. Rekan2 CPI pasti bisa cerita banyak.