Sabtu, 31 Januari 2004 telah diadakan seminar K3 yang di selenggarakan oleh Komunitas Migas Indonesia(KMI) Kalimantan Timur dengan UNIBA, acara tersebut dihadiri oleh 70 orang peserta.
Sebelumnya Jum’at 30 Januri 2004 telah di gelar acara ‘Smart Talk seputar seminar dan pelaksanaan K3 di industri’ bersama Radio Smart 101.9 FM untuk mensukseskan seminar ini.

Di Hari Sabtu, 31 Januari 2004 yang cerah telah hadir sebanyak 70 orang peserta, 3 orang moderator, 7 orang pembicara, 12 orang panitia, dan 2 orang undangan menghadiri seminar K3 di kampus Universitas Balikpapan yang berasal dari berbagai kalangan dari masyarakat umum, mahasiswa, praktisi K3, sampai praktisi berbagai industri . Pada hari Jumat malam sebelum hari-H, panitia sudah sedikit ketar ketir berhubung hujan besar dari sore sampai malam hari saat melakukan persiapan tempat seminar. Di hari Jumat itu (30 Jan 2004), pada pukul 15.00 – 16.00 WITA, smart talk seputar seminar dan pelaksanaan K3 di industri di Radio Smart FM (101.9 FM) telah dilakukan untuk menyukseskan seminar ini. Hadir pada kesempatan itu Alvin sebagai wakil KMI, Darmawan sebagai pengamat K3 industri, dan Sulton Fahrudin sebagai wakil panitia dari UNIBA.

Acara Seminar baru dapat dimulai pada pukul 09.00 WITA (31 Januari 2004) yang dimulai dengan sambutan Bapak Anwar Fatah (Unocal Indonesia) sebagai Ketua Panitia, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari rektor Uniba (Dr. Ellyano S. Lasam, SE. MSi.) dan sambutan dari Walikota. Sayang sekali pada tanggal yang bersamaan Walikota Balikpapan harus hadir pada sarasehan partai2 politik di Kalimantan Timur, yang akhirnya beliau diwakili oleh Kepala Kantor Tenaga Kerja Balikpapan (H. Suryanto) yang sekaligus bertindak membuka acara seminar.

Session 1 segera langsung dibuka setelah coffee break 15 menit, yang mana tampil 2 pembicara dari Unocal Indonesia yaitu Bapak Ardian Nengkoda (Facilities Engineer, Southern Area) membawakan materi ‘Jenis2 Gas Buang Berbahaya serta Penanganannya dan Peran SMK3’ dalam 30 menit setelah itu tampil Bapak Sandy Zahaf (Production Superintendent Lawe-Lawe Area) membawakan materi ‘Operation Management System Unocal dan aktifitas K3 di dalamnya’ dalam 30 menit, tanya jawab yang dibatasi waktu 15 menit langsung dilanjutkan setelah itu. Sebenarnya banyak pertanyaan yang muncul tapi karena keterbatasan waktu maka pertanyaan hanya 3 yang dapat ditampung. Session 1 ini dimoderatori oleh Alvin Alfiyansyah (Process Engineer, Technip Indonesia).

Session 2 langsung dimulai setelah itu (11.15 WITA) dimoderatori oleh Taufik Subhi Ahmad (Electrical Engineer, Technip Indonesia), yang mana tampil pembicara yang sudah tidak asing namanya lagi di milist Migas yakni Bapak Darmawan Ahmad Mukharor alias Garonk aka Badai Menggumpal (IIPS, VICO
Indonesia) membawakan materi ‘Solusi-solusi desain untuk mencegah kebocoran zat zat kimia berbahaya, mudah terbakar dan mudah meledak serta kejadian kejadian fatal lain pada bejana tekan dan tangki’ . Mas Darmawan ini sungguh luar biasa, di sela2 beliau hendak off dari kerja, beliau masih menyempatkan diri ke Balikpapan dari Muara Badak Samarinda membantu KMI Kaltim, thanks bro….! Sesi ini menarik, pertanyaan2 mengenai desain bermunculan dan audience cukup interest, tapi kembali lagi waktu yang membatasi.

Akhirnya pada pukul 12.30 WITA seminar harus break untuk sholat bagi yang menjalankannya serta Istirahat Makan Siang. Pada pukul 13.00 WITA seminar masuk ke sesi 3 dimoderatori oleh Alfiansyah (Project Engineer, Technip Indonesia). Sesi 3 ini ada dua pembicara yakni Bapak Ashif Hadad dari Total Indonesie (Sr. Process Engineer/Safety
Engineer) membawakan materi ‘Bagaimana menangani Gas Buang Industri dan K3 di Total Indonesie secara umum’ selama 45 menit, setelah itu segera masuk pada materi kedua ‘Bahaya dari Gas explosive – toxic dan Pengenalan produk drager untuk pendeteksi dini gas’ yang dibawakan oleh Bapak Tony Mathita (Product Specialist) dari Drager Indonesia – Jakarta selama 45 menit. Setelah itu seperti biasa tanya jawab 15 menit. Tercatat ada 5 pertanyaan dimana 3 buah untuk Bapak Tony Mathita dan 2 buah untuk Bapak Ashif Hadad. Peserta masih terlihat interest mengikuti seminar walau sebenarnya ada beberapa orang yang sudah pamit setelah makan siang. Tanya jawab pun terpaksa harus dibatasi oleh moderator mengingat waktu yang ada.

Menjelang istirahat sholat Ashar sesi 4 tetap dilaksanakan dengan pasti. Sesi ini menampilkan Bapak Anwar Haryono (Business Dev. Manager, PT Klaras Pusaka Instrumindo) yang membawakan materi Leak and Shock Detection System alias salah satu teknologi mendeteksi kebocoran gas. Materi ini menarik karena Pak Anwar cukup berhasil memandu presentasi dengan apik selama 45 menit. Di sesi 4 sebenarnya direncanakan dimoderatori oleh Bapak Budi Ariyanto (Unocal Indonesia) tapi karena berhalangan hadir maka digantikan oleh Alvin Alfiyansyah. Ada 3 pertanyaan yang dilemparkan peserta di sesi ini. Akhirnya harus Break lagi selama 15 menit untuk menurunkan tegangan….dan sholat bagi yang menjalankannya.

Sesi terakhir adalah materi berjudul ‘Peranan A2K3 sebagai pengawas sistem SMK3’ dibawakan oleh oleh Beny J. Emanto (Ketua Umum A2K3) selama 45 menit dimoderatori kembali oleh Alvin. Setelah itu langsung masuk 15 menit tanya jawab, ternyata di sesi terakhir pun masih ada 2 pertanyaan yang dilemparkan dan satu argumen masukan yang dilontarkan oleh peserta yang langsung ditanggapi oleh pembicara. Karena sudah menjelang jam 5 sore, akhirnya setelah itu seminar langsung ditutup sementara acara pelantikan pengurus A2K3 Kaltim ditunda sampai malam harinya (19.30 WITA) diadakan internal A2K3 di Hotel Adika Bahtera. Pemberian sertifikat pun langsung diberikan pada para peserta setelah itu. Setiap akhir sesi pun para pembicara langsung diberikan sertifikat kenang-kenangan dari kepanitiaan.

Semoga kesuksesan ini terus berlanjut dalam program2 KMI Kaltim ke depan….mohon doanya.

Least but not Last Special Thanks to semua sponsor dan pendukung acara yakni
:
– DRAGER Indonesia
– PT Klaras Pusaka Instrumindo
– PT COMINCO MITRA PERKASA
– PT Radio Swara Mandiri Artisenindo (SMART 101.9 FM Balikpapan)
– Star Safety Training Center
– Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (A2K3) Pusat dan Cabang Kaltim
– Mitra pelaksana seminar K3 : Universitas Balikpapan (UNIBA) dan semua panitia yang terlibat.

Terlampir beberapa foto yang sudah ada sebagai kenang-kenangan seminar, beberapa foto lain masih ditangan teman2 UNIBA jadi mungkin menyusul ditampilkan. Semua materi akan dikirim ke Moderator Milist dimana mungkin sebagian materi akan diupload ke website migas-indonesia.com karena ukurannya terlalu besar (> 3 MB), yang mana anggota KMI dan milist mungkin harap bersabar karena saya kirim CD saja ke Jakarta sebagai upaya maksimal upload materi2 seminar ini. Akhirnya setelah selesai acara seminar dilanjutkan dengan ramah tamah sebentar di tempat dan malamnya dilanjutkan karaoke bersama keluarga sekalian menjamu teman2 yang sedang di Balikpapan membantu menyukseskan seminar K3.

salam,
Alvin Alfiyansyah
KMI Kaltim

Klik ‘next’ untuk melihat dokumentasi foto

 


Suasana meja pendaftaran ulang seminar pukul 08.15 WITA

 


Suasana podium seminar 08.55 WITA.

 


Anwar Fatah do the speaking …. Chief of the organizer committee

 


Ruang seminar (back view) yang sederhana namun sangat bermanfaat

 


Ruang seminar front view
Tampak duduk di paling depan dari kanan Ardian Nengkoda, Darmawan Ahmad (baju merah), Suryanto – Ka Kantor Tenaga Kerja Balikpapan (berjas biru), Anwar Haryono – Klaras (baju putih) Di belakang : Alvin Alfiyansyah , Anwar Fatah, dan Prihandoyo (Purek III UNIBA)


 


Ardian Nengkoda

 


Sandy Zahaf

 


Salah satu peserta sedang bertanya pada pembicara