Welding Metal Matrix Composites (MMCs) didalam dunia aerospace perlu dipertimbangkan mengenai sifat (property) yang terakumulasi dalam suatu formula yang disebut dengan RULE OF MIXTURES.

Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia – Des 03 s/d Jan 04

Pertanyaan : (Farid Moch. Zamil – PT. MECO INOXPRIMA – SURABAYA)

Dear Pa. Agus
Pa saya akan mulai lagi diskusi masalah welding komposite.

Welding Metal Matrix Composites (MMCs) didalam dunia aerospace perlu dipertimbangkan mengenai sifat (property) yang terakumulasi dalam suatu formula yang disebut dengan RULE OF MIXTURES.

Xc = Xm . Vm + Xr . Vr.

Nah yang menjadi pertimbangan saya apakah formula diatas bisa dijadikan landasan teori untuk suatu perhitungan pada :

1. Thermal Conductivity.
2. Thermal Expansion.
3. Elevated Temperature Fatigue Strength.

Applications untuk MMCs pada dunia aircraft sendiri akhir-akhir ini banyak menggunakan material Extruded 6061/SiC/25p. Saya mohon pencerahan sifat dan karakteristik dari material ini.

Salam kami : TIADA SETERANG API HARAPAN KMI & MILIST MIGAS TETAPI TIDAK SETERANG DAN SETAJAM APINYA PENGELASAN.

Salam
(Farid Las / Welding)

Tanggapan 1 : (Agus Trilaksono – PT. DIRGANTARA INDONESIA – BANDUNG)

d/h, Pak Farid

saya tidak memiliki kompetensi yang cukup untuk membahas MMCs, jadi punten (maaf) tidak bisa urun rembug. sementara aplikasi MMCs di tempat saya juga tidak ada karena aplikasi struktur kami biasa-biasa saja, dalam artian tidak extreme (bukan kecepatan hyper dengan suhu ekstrem, misalnya). coba browsing ke webnya NASA cukup terbuka kok. ditempat saya yang diexplore adalah Fiber Metal Laminate (FML), kebetulan saya cukup lama ikut dalam research2nya.

Sekedar sharing…FML itu gabungan dari metal (sheet) dengan komposit, misalnya, aluminum/composite/aluminum/composite/aluminum = FML hasilnya…aluminum yang tadinya sudah menthok (maklum tahun 1920 sudah established) sehingga sulit diexplore lagi, sementara composite yang merupakan material baru yang tidak bisa dibentuk setelah proses curing (ingat diskusi kita yang dulu), sekarang…fatiguenya naik menjadi 10 – 100 kali dari material aluminum, juga bisa dibentuk (rolling, bending-dengan minimum bending radius yang bagus) seperti sheet metal. sekarang material itu dipakai pesawat komersial jumbo jet terbarunya Airbus (pada
fuselage/badannya) yang sebagian sayapnya dibuat di tempat kami, sementara kompositnya diambil oleh malaysia, tapi yang mengerjakan engineering kami (aneh ya..kenapa gak sekalian saja disini)

Secara teori mungkin saya bisa menjawab MMCs tapi prakteknya minim jadi kuatir kurang konvergen analisanya. sekali lagi punten ya Pak Farid.

wassalam,

agus t

Download selengkapnya pada bagian bawah artikel ini.