Dua perusahaan operator eksploitasi minyak di Riau, PT Kondur Petroleum S.A dan PT Caltex Pacific Indonesia (CPI) bertekad menaikkan produksi.

Dua perusahaan operator eksploitasi minyak di Riau, PT Kondur Petroleum S.A dan PT Caltex Pacific Indonesia (CPI) bertekad menaikkan produksi.

Tekad kedua perusahaan ini bahkan muncul sebelum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta seluruh operator eksploitasi minyak di Indonesia menaikkan produksi minyak mereka.

Staf Manajer Hubungan Masyarakat dan Media PT Kondur, Darul Hidayat dan Manajer Komunikasi dan Hubungan Media PT CPI, Hanafi Kadir mengatakan menyambut positif himbauan Presiden.

‘Kami menyambut positif himbauan untuk menaikkan produksi minyak itu,’ kata keduanya kepada Media, Senin (29/8).

Menurut Darul, PT Kondur bahkan langsung menargetkan kenaikan produksi minyak sekitar 3.000 barel per hari minyak mentah. PT Kondur sebelumnya memproduksi sekitar 10.000 hingga 11.000 barel per hari dan ditingkat menjadi sekitar 14.000 barel perhari.

Sedangkan PT CPI meski belum punya target kenaikan, namun perusahaan minyak ini tetap berupaya menaikkan produksi dengan melakukan tiga langkah penting.

‘Ada tiga langkah yang akan kami lakukan untuk menggenjot produksi minyak, yaitu menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan produksi di sumur-sumur tua. Langkah selanjutnya ialah menekan laju penurunan produksi minyak di sumur tua serta melakukan efisiensi di segala bidang,’ jelas Hanafi Kadir kepada Media.

Saat ini, dalam sehari PT Caltex mampu memproduksi sekitar 500.000 barel. PT CPI juga mengekpolorasi sumber minyak baru di wilayah Riau. Begitu pun dengan PT Kondur, sedang mengesplorasi sekitar 4 sumur baru di Selat Lalang, Kabupaten Bengkalis guna meningkatkan produksi.

‘Tidak ada kendala yang kami hadapi dalam meningkatkan produks minyak ini, termasuk biaya untuk upaya itu,’ jelas Darul.

Source : www.mediaindo.co.id