Presiden OPEC Sheikh Ahmad Fahd al-Sabah menegaskan kembali, kartel tersebut memproduksi 30,4 juta barel per hari (bph), satu juta bph di atas kebutuhan pasar, dalam upaya untuk mengekang melonjaknya harga minyak.

Presiden OPEC Sheikh Ahmad Fahd al-Sabah menegaskan kembali, kartel tersebut memproduksi 30,4 juta barel per hari (bph), satu juta bph di atas kebutuhan pasar, dalam upaya untuk mengekang melonjaknya harga minyak.

‘OPEC kini memproduksi 30,4 juta bph … Produksi ini lebih daripada kebutuhan pasar guna mengijinkan pembentukan stok strategis dan komersial untuk menstabilkan harga,’ Sheikh Ahmad mengatakan kepada kantor berita resmi KUNA.

Ia menambahkan terdapat satu juta bph kelebihan produksi di pasar. Angka 30,4 juta bph tersebut sama dengan yang diberikan oleh para pejabat OPEC awal Agustus, jauh sebelum topan Katrina mendorong harga minyak naik hingga rekor tinggi.

Sheikh Ahmad mengatakan harga minyak kini di atas harga minyak mentah seharusnya.

‘Jika diukur dengan faktor ekonomi saja, harga minyak mentah seharusnya lebih rendah daripada tingkat harga sekarang,’ Sheikh Ahmad, yang juga menteri energi Kuwait, mengatakan.

Ia menghubungkan kenaikan tersebut dengan ‘faktor geopolitik dan iklim sebagai tambahan pada spekulasi di pasar dunia dan kurangnya kapasitas pengilangan.’

Ia juga mengatakan bahwa topan Katrina di Amerika Serikat lebih jauh akan secara negatif mempengaruhi pasokan minyak.

Sheikh Ahmad mengatakan dalam sebuah pernyataan Rabu bahwa OPEC akan bertindak sepenuhnya untuk memastikan stabilitas pasar minyak global di tengah topan Katrina dan akan mendiskusikan cara pada pertemuannya di Wina pada 19-20 September.

Harga minyak dunia merosot Jumat saat permerintah AS memimpin gerakan oleh kekuatan industri utama untuk melepas pasokan darurat minyak mentah ke dalam pasar yang masih terhuyung-huyung akibat topan Katrina.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Oktober, jatuh 1,90 dolar ditutup pada 67,57 dolar per barel.

Selasa kontrak tersebut mencapai ketinggian historis pada 70,85 dolar, sehari sesudah Katrina menyapu instalasi minyak vital di Amerika Serikat bagian selatan dan Teluk Meksiko.

Di London, harga minyak mentah Brent Laut Utara untuk pengiriman Oktober kehilangan 1,66 dolar menjadi 66,06 dolar per barel. Harga mencapai rekor 68,89 dolar Selasa.

Source : www.mediaindo.co.id