Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan sejumlah lapangan minyak baru, Tiaka di Sulawesi Tenggara, dengan total kapasitas mencapai 80 ribu barel per hari (bph).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan sejumlah lapangan minyak baru dengan total kapasitas mencapai 80 ribu barel per hari (bph). Lapangan tersebut adalah Tiaka di Sulawesi Tenggara (6 ribu bph), Jabung, Jambi (10 ribu bph), dan Peciko, Kalimantan Timur (10 ribu bph).

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro, lapangan minyak lainnya yakni Sukowati di Jawa Timur (14 ribu bph), Salawati di Papua (20 ribu bph), serta lapangan-lapangan minyak milik Pertamina yang mencapai 20 ribu bph.

Selain itu, pemerintah juga akan mengoperasikan dua lapangan besar, seperti Cepu di Jawa Timur yang berkapasitas hampir 170 ribu bph, lapangan Jeruk, Jawa Timur berkapasitas 50 ribu bph, dan lapangan Tangguh di Papua sebesar 5 ribu bph.

Pemerintah juga memperkirakan pembangunan saluran udara tegangan tinggi (SUTET) jalur selatan yang sempat tertunda, dapat rampung dalam satu hingga dua bulan mendatang, menyusul tercapainya kesepakatan warga Bantul dengan PLN.

Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro usai Rapat Kerja dengan Panitia Ad Hoc II dan IV di kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD), 7/9 mengharapkan jalur selatan ini dapat rampung secepatnya sehingga bisa menambah keandalan sistem yang ada. Sekarang, Yogya telah selesai, tinggal satu lagi di Cibinong, Depok.

Dengan demikian, masyarakat di jalur selatan akan terjamin ketersediaan pasokan listriknya. Selain itu, rampungnya jalur ini akan mengurangi potensi black out yang kerap berulang.

www.miningindo.com