PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) akan menyediakan gas bumi Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Pulau Bali dan Sulawesi.

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) akan menyediakan gas bumi Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Pulau Bali dan Sulawesi. Saat ini perseroan masih melakukan negosiasi dengan PLN mengenai jumlah dan harga gas yang akan dipasok.

‘Medco telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) kerja sama tersebut dengan PLN pada 20 September 2005,’ kata Direktur Keuangan Medco Darmoyo Doyoatmojo dalam penjelasan tertulis, Jumat (23/9/2005).

Menurut Darmoyo, gas bumi yang akan disediakan dengan metode Compressed Natural Gas (CNG) yang berasal dari lapangan gas Blok Senoro-Toili di Sulawesi Tengah dan Blok Simenggaris yang terletak di Kalimantan Timur.

‘Perseroan memiliki cadangan gas bumi yang cukup dari kedua blok tersebut untuk memasok kebutuhan PLTG di Bali dan Sulawesi,’ ujar Darmoyo.

Sistem transportasi CNG rencananya akan menggunakan kapal CNG, yang mempunyai jarak tempuh maksimum 1.500 kilometer. Sedangkan jumlah kuantitas dan harga dari CNG, menurut Darmoyo, masih akan dirundingkan dan ditentukan kemudian.

Blok Senoro-Toili, dimiliki oleh anak usaha Medco, yakni PT Medco E&P Tomori Sulawesi (MEPTS), bersama dengan Pertamina yang memiliki saham masing-masing 50 persen. Sedangkan Blok Simenggaris dimiliki anak perusahaannya Medco Simenggaris Pty. Ltd. (MSPL) yang bersama Pertamina memiliki saham masing-masing sebesar 62,50 persen dan 37,50 persen.

Dijelaskan Darmoyo, MoU ini berlaku 18 bulan sejak tanggal ditandatanganinya atau pada tanggal ditandatanganinya Pokok-Pokok Perjanjian (HoA). ‘Nantinya HoA akan ditandatangani setelah didapat persetujuan untuk menjual gas bumi dalam bentuk CNG dari BP Migas,’ jelasnya.

Seperti diketahui, PLN saat ini tengah mengembangkan pembangkit listrik tenaga panas bumi untuk mengantisipasi terus meningginya harga BBM. Pembangkit listrik model ini akan dioperasionalkan pertama kali oleh PLN di Jambi pada akhir September 2005.

Source : www.detikfinance.com