Apabila berkeinginan mengganti WINDOW 98 SE menjadi berbasis LINUX, apa untung ruginya?

Dari Majalah Info Komputer Edisi Januari hingga Juli 2005, apabila berkeinginan mengganti WINDOW 98 SE menjadi berbasis LINUX, apa untung ruginya? Apakah beberapa program seperti Microsoft Office 2000 masih jalan di LINUX? Progam aplikasi apa saja yang lain yang semula jalan di window 98SE dan tidak jalan di LINUX?

Untuk applikasi office tidak masalah, karena tersedia beberapa program yang bagus. Yang menjadi masalah adalah driver untuk hardware. Hampir semua manufacturer tidak menyediakan driver untuk Linux. Apalagi jika kita akan connect printer, scanner, camera, flash disk, IrDa, dll. Jadi, kurangnya dukungan dari produsen asesori yang menghambat laju distribusi Linux.

Kalau kita menggunakan laptop yang baru umumnya bisa langsung ok, tapi kalau pakai PC, harus dilihat dulu VGA cardnya memakai apa karena tidak semua VGA card bisa compatible.

Untung rugi itu sangat bergantung pada pengguna. Sebagian orang berpendapat demikian :

Keuntungan Linux:

  1. Probabilitas terkena virus komputer lebih kecil dibandingkan Windows. Sebab : Linux kurang populer saat ini sehingga para pembuat virus masih jarang yang mengincar komputer Linux. Selain itu, permission dan ownership file di Linux cukup ketat, masing-masing user memiliki direktori sendiri yang dapat diisolasi sehingga virus tidak mudah menyebar.
  2. Dapat dijalankan di komputer dengan spesifikasi hardware tidak terlalu ‘wah’. Sebetulnya ini relatif, bergantung distro Linux yang digunakan. Jika memang spesifikasi komputer Anda agak ‘ketinggalan zaman’ gunakanlah distro Linux seperti Vector Linux, Slackware, Debian atau Ubuntu Linux. Jangan gunakan Red Hat atau Mandriva Linux. Atau kalo masih coba-coba gunakan dual system saja, jadi kalau mendadak perlu aplikasi yang tidak ada di Linux gunakan Windows dulu. Untuk latihan bisa juga menggunakan Live CD misalnya Knoppix, jadi tidak perlu instalasi Linux secara permanent, cukup booting dari CDROM.
  3. Investasi awal yang murah. Banyak distro yang bisa didapatkan dengan harga murah. Coba kunjungi : www.gudanglinux.com. Atau jika koneksi internet Anda bagus, download sendiri saja!

Kerugian:

  1. Banyak aplikasi ‘under Windows’ yang masih belum tersedia di Linux. Khususnya program-program produk Microsoft. Memang banyak program under Windows bisa dijalankan menggunakan emulator, namun akan membutuhkan sumber daya hardaware yang lebih tinggi dibandingkan tidak menggunakan emulator. Untungnya di Linux tersedia berlimpah aplikasi pengganti yang setara, misalnya:
    1. Open Office x Microsoft Office
    2. GIMP x Photoshop
  2. Bagi sebagian orang (ini subjektif sekali) Linux lebih sukar dipelajari. Sebenarnya mudah atau sukar bergantung kemauan kita belajar. Ini hanya soal kebiasaan, sebagian besar dari kita sudah terlanjur tergantung pada produk-produk Bill Gates. Awalnya mungkin akan terasa sulit, tapi lama-lama juga tidak, malah banyak kelebihanya.
  3. Beberapa hardware masih sulit diset up di Linux karena belum tersedia drivernya. Namun, menurut pengalaman 85 – 90% instalasi yang dilakukan, seluruh hardware bisa dikenali Linux dengan baik.

Masalahnya masih banyak pihak-pihak yang belum pindah ke IGOS, atau menggunakan LINUX. Sebagai contoh, jika kita mengikuti suatu seminar, maka ada ketentuan makalah harus diketik dengan Microsoft Office 2000. Jika kita sudah terlanjur kecebur menggunakan LINUX, apakah panitia seminar yang tidak menggunakan LINUX dapat mengkonversi makalah kita yang menggunakan office di LINUX?