Menggunakan sostware ini, kita bisa melihat foto Jakarta, Surabaya, Singapore, Kuala Lumpur, Samarinda, Balikpapan, dll dari satelit.

Mungkin sudah banyak yang mencoba software dari Google Earth (http://earth.google.com), tapi untuk mereka yang belum disarankan untuk mencobanya dengan mendownload versi Free-nya. Software buatan Google ini menampilkan gambar-gambar satelit dilengkapi dengan data-data GIS (Jalan KA, batas wilayah, Lapangan Terbang,dll), dan mengemasnya menjadi program yang mudah dioperasikan.

Menggunakan sostware ini, kita bisa melihat foto Jakarta, Surabaya, Singapore, Kuala Lumpur, Samarinda, Balikpapan, dll dari satelit. Bahkan juga berhasil menemukan Bontang, Santan, Muara Badak, dan lain-lain. Mungkin Anda bisa mencari dan menemukan daerah-daerah yang menjadi interest masing-masing.

Selain menampilkan gambar 2D, software ini juga bisa menampilkan gambar 3D. Melihat Gunung Bromo, Ranu Kumbolo dari Puncak Gunung Semeru, secara 3D. membuat kita serasa naik gunung saja.

Hebatnya lagi, sewaktu mencoba melihat kota New York. Sofware ini terkoneksi dengan web-cam jalan raya kota New York. Sehingga bisa terlihat padatnya lalu-lintas di sana real-time.

Dan hal ini semua bisa kita coba secara gratis, berkat Google. Bukan bermaksud mempromosikan suatu produk, namun mungkin software free ini akan bermanfaat bagi kita.

Software ini memang tidak bisa dijalankan pada windows 98 ke bawah ataupun Linux. Berikut adalah spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Google Earth :

Minimum configuration :

  1. Operating system: Windows 2000, Windows XP
  2. CPU speed: Intel® Pentium® PIII 500 MHz
  3. System memory (RAM): 128MB
  4. 200MB hard-disk space
  5. 3D graphics card: 3D-capable video card with 16MB VRAM
  6. 1024×768, 32-bit true color screen
  7. Network speed: 128 kbps (‘Broadband/Cable Internet’)

Recommended configuration :

  1. Operating system: Windows XP
  2. CPU speed: Intel® Pentium® P4 2.4GHz+ or AMD 2400xp+
  3. System memory (RAM): 512MB
  4. 2GB hard-disk space
  5. 3D graphics card: 3D-capable video card with 32MB VRAM or greater
  6. 1280×1024, 32-bit true color screen
  7. Network speed: 128 kbps (‘Broadband/Cable Internet’)

Menggunakan Google Earth dengan Windows XP, membuat kita bisa melihat jalan-jalan di kota yang kita tuju. Dan memang tidak salah kalau ada yang mengatakan serasa muter-muter di angkasa. Agar bisa lebih jelas dan langsung melihat kesibukan dan kepadatan jalan, bisa dipergunakan webcam.

Misalnya kita ingin melihat kota New York. Untuk masuk ke webcam dan mencoba menuju kota New York bisa dengan cara mengetikkan New York,NY di bagian Fly To, lalu tekan Search. Nanti Google Earth akan membawa terbang ke New York, letaknya di dekat ground-zero. Setelah itu dari panel Layers di bagian kiri, coba di-check User-Supplied Collection. Tunggu beberapa saat akan muncul gambar-gambar webcam. Tinggal klik salah satu icon web-cam tersebut, akan muncul pop-up, lalu klik link yang ada. Lalu muncul website yang menampilkan tampilan web-cam-nya. Dari sini kita bisa melihat web-cam dari Ground-Zero, lokasi 9/11.

Fitur lainnya adalah, Directions atau penunjuk jalan. Pilih Directions dari tombol yang ada di bagian kanan atas, lalu di kotak Start diisi misalnya New York, NY, lalu di kotak End diisi dengan Niagara Falls, NY. Selanjutnya tekan Search. Google Earth akan menunjukkan peta jalan-jalan yang harus ditempuh untuk perjalanan dari New York ke Niagara Falls. Selanjutnya, kalau tombol Play (dengan lambang icon segitiga putih dilingkaran biru) ditekan, maka akan ditampilkan perjalanan dari satu titik itu ke titik yang lain secara helicopter-view yang sedang terbang. Menakjubkan!