Para engineer Iran telah dengan sukses mendesain, membuat dan mengetes mesin pengeboran horisontal pertama yang dilengkapi remote control.

Para engineer Iran telah dengan sukses mendesain, membuat dan mengetes mesin pengeboran horisontal pertama yang dilengkapi remote control.

Mesin tersebut merupakan hasil dari usaha gabungan yang dibangun oleh salah satu kelompok penelitian Shahrud Industrial University dan unit industri sektor swasta.

Dalam peresmian yang diselenggarakan untuk perkenalan mesin pengeboran, Kepala Sekolah Mekanik Shahrud University (di provonsi Semnan) dan Komisioner Perencanaan, Mohammad Shariati, menyatakan bahwa teknologi yang digunakan pada produk ini merupakan hal eksklusif di dunia dan dibuat oleh kecerdasan dan inovasi rakyat Iran. Selanjutnya, Iran siap untuk memberikan teknologi ini kepada negara-negara lain dan membantu mereka dalam usaha ini.

Mesin pengeboran horisontal tersebut mampu menggali terusan jaringan untuk air, pembuangan dan listrik sebagaimana yang digunakan dalam sektor pertambangan. Tidak seperti mesin pengeboran buatan Jerman dan AS, yang hanya bisa mengebor diameter spesifik, versi Iran ini bisa mengebor lubang dengan diameter bervariasi dari 10 sampai 60 cm.

Bagian remote modern dari alat ini merupakan kerja A sampai Z dari kelompok penelitian selain ketersediaan teknologi dari negara lain. Unit remote mampu memandu pengeboran pada berbagai arah saat mengindera grade dari tanah operasi (operation ground).

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat mesin ini sebesar 1.5 juta rial atau setara seperempat harga mesin yang dibangun negara lain, dan diharapkan segera dibuat 15 unit per tahun. Pendanaan proyek selama 6 bulan ini tersedia dari bagian Sains dan Teknologi Industrial Provinsi dan satu kelompok yang terdiri dari tujuh pihak yang terlibat dalam perencanaan, katanya dalam kesimpulan.(YS)

Sumber : www.iranmania.com