Meski proses seleksi penjamin emisi divestasi 7,4 persen saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sudah berlangsung sepekan, namun sampai kini pemerintah belum mau mengumumkan siapa pemenangnya.

Meski proses seleksi penjamin emisi divestasi 7,4 persen saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sudah berlangsung sepekan, namun sampai kini pemerintah belum mau mengumumkan siapa pemenangnya.

Sekretaris Meneg BUMN Said Didu mengakui, memang banyak kepentingan dalam penujukan penjamin emisi ini. Salah satunya pemerintah memprioritaskan sekuritas BUMN yang menanganinya agar fee penjaminan emisi ini tetap bisa masuk ke kas negara.

‘Yang berkepentingan itu pasti ada. Tapi saya yakini sejauh ini unsur-unsur politik tidak menjadi pertimbangan atau faktor yang menentukan. Sejauh ini saya melihat masih kuat mempertahankan bahwa profesionalisme lebih mengemuka dari pada yang lain,’ kata Said di kantor Meneg BUMN, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Senin (17/10/2005).

Said juga menegaskan, proses pemilihan penjamin emisi telah berlangsung transparan terutama dalam kriterianya.

‘Kita tidak mungkin transparan dalam hal proses tapi dalam kriteria kita transparan. Saya pikir timnya sudah bekerja dengan baik, bahwa ada upaya-upaya untuk mempengaruhi itu normal-normal saja,’ ujarnya.

Said menolak menyebutkan nama sekuritas yang memenangkan seleksi ini apakah Danareksa atau Bahana. ‘Yang jelas pemerintah bisa langsung tunjuk, itu tidak problem,’ ujarnya.

Diakui proses beauty contest ini diikuti oleh lima perusahaan. Nama yang beredar adalah PT Danareksa Sekuritas menggandeng Credit Suisse First Boston (CSFB), PT Bahana Securities menggandeng Deutsche, PT Mandiri Sekuritas menggandeng UBS, PT Trimegah Securities Tbk dengan Macquarie Investment dan Indopremier Securites dengan Credit Lyonnais Securities Asia (CLSA).

Kabarnya, nama pemenang penjamin emisi telah ada ditangan Menteri BUMN Sugiharto. Sebelumnya nama Bahana dan Deutsche disebut-sebut mendapat penilaian tertinggi dari hasil kualifikasi yang ada. Padahal sebelum dilakukan beauty contest pihak Danreksa mengakui telah ditunjuk menjadi penjamin emisi.

Sumber : www.detikfinance.com