Obeid bin Saif Al Nasseri, menteri perminyakan dan sumber mineral Uni Emirat Arab, mengatakan bahwa batasan harga OPEC harus ditingkatkan, dari level $ 22 menjadi $ 28 per barrel

Obeid bin Saif Al Nasseri, menteri perminyakan dan sumber mineral Uni Emirat Arab, mengatakan bahwa batasan harga OPEC harus ditingkatkan, dari level $ 22 menjadi $ 28 per barrel karena telah terlewati harga aktual.

Al Nasseri menyambut baik gerakan kenaikan tersebut. ‘Tidak apa-apa jika kita memang membutuhkannya,’ katanya pada pernyataannya di depan pertemuan menteri-menteri OPEC di Wina.

Bagaimanapun, dia menunjukkan bahwa OPEC tidak dalam posisi menurunkan harga minyak. ‘dengan OPEC melakukan semua ini dapat meredakan harga yang melonjak karena alasan ekonomi dan politik dan spekulasi pasar minyak,’ dia menambahkan.

Katanya harga minyak sekarang relatif tinggi dibandingkan dengan levelnya pada dua tahun lalu, tapi tidak, bila kita melihat sejarah.

‘Pada 1980, harga minyak mencapai $ 40 per barrel. Bagaimanapun, mempertimbangkan faktor inflasi dan laju pertukaran kita akan mengetahui bahwa harga nyata sebesar $ 20 per barrel.’ Al Nasseri menunjukkan bahwa OPEC tidak dapat berbuat banyak dalam hal ini dalam pertemuan Wina.

Dia menunjukkan bahwa output harian OPEC sekarang lebih besar 1.5 juta barrel daripada official ceiling yaitu sebesar 26 juta barrel per hari.

Dia mengatakan tidak masalah produksi OPEC ditingkatkan jika memang diperlukan. Dia menunjukkan bahwa OPEC telah melakukan semua yang bisa dilakukan untuk meredakan harga minyak dunia dan memastikan keseimbangannya. ‘Suspensi sistem quota di luar pertanyaan … negara-negara produsen memacu produksi sesuai dengan kapasitas mereka, tapi ada beberapa faktor teknis: permintaan minyak dunia yang tinggi, dan spekulasi di pasar minyak dunia mengacu pada kecenderungan di wilayah Timur Tengah dan lainnya,’ katanya.

Dia menambahkan :’Kebanyakan para produsen OPEC memacu produksi dengan kapasitas penuh dan menurut saya tingginya harga sekarang mempengaruhi produsen untuk menggunakan kapasitas cadangannya. Pada perubahan batasan harga minyak OPEC antara $ 22-28 per barrel, menteri memperlihatkan bahwa
banyak proposal meminta perubahan batasan ini. ‘Belum ada persetujuan yang dicapai tetapi ada kepentingan untuk merubah, karena kenyataan baru telah melewati batasan OPEC pada tahun 2000,’ katanya.

Apakah batasan baru akan dirubah di pertemuan minggu depan di Wina, katanya ‘Tidak penting apakah di pertemuan ini atau pertemuan lain … prinsip untuk memiliki batasan baru memungkinkan karena yang ada sekarang telah ketinggalan.(YS)

Sumber : theseoultimes.com