Perusahaan Minyak dan gas Vietnam (PetroVietnam) mengumumkan pada hari Selasa telah menandatangani kontrak konstruksi perpipaan gas di Vietnam dengan
Perusahaan joint venture Rusia – Vietnam, Vietsovpetro.

Perusahaan Minyak dan gas Vietnam (PetroVietnam) mengumumkan pada hari Selasa telah menandatangani kontrak konstruksi perpipaan gas di Vietnam dengan Perusahaan joint venture Rusia – Vietnam, Vietsovpetro.

Dalam kontrak senilai $ 245 juta, Vietsovpetro akan menjadi kontraktor utama untuk perpipaan yang akan menghubungkan deposit lepas pantai PM3, yang dijalankan oleh PetroVietnam dan perusahaan Malaysia Petronas, dengan power plant di desa An Khanh di provinsi Ca Mau.

Perpipaan sepanjang 325 km, dengan kapasitas desain 2 milyar m3 per tahun, akan melibatkan 298 km segmen lepas pantai dan 27 km segmen daratan, dan diharapkan dapat beroperasi selambatnya pada tahun 2006.

Vietsovpetro merupakan perusahaan joint venture terbesar di Vietnam, memiliki 70 % produksi minyak mentah negara tersebut. Perusahaan tersebut mengekstraksi delapan juta metric ton minyak mentah dan 1.5 milyar m3 gas dalam enam bulan pertama tahun 2005. Perusahaan ini telah memperkirakan
keuntungannya di tahun 2005 sebesar $ 4.4 milyar.(YS)

Sumber : en.rian.ru