Para menteri energi anggota Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) pada hari Rabu di Gyeongju, Korea Selatan, menyetujui untuk memperkuat usaha bersama dalam mengembangkan lapangan minyak baru dan investasi dalam pengilangan baru.

Para menteri energi anggota Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) pada hari Rabu di Gyeongju, Korea Selatan, menyetujui untuk memperkuat usaha bersama dalam mengembangkan lapangan minyak baru dan investasi dalam pengilangan baru.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan pada akhir Energy Ministers’ Meeting (EMM) APEC yang ke 7, para menteri energi yang berjumlah 21 anggota memberikan respon yang efektif terhadap peningkatan harga minyak yang tinggi.

Pertemuan satu hari yang bertema ‘Securing APEC’s Energy Future: Responding to Today’s Challenges for Energy Supply and Demand,’ dirancang untuk menanggulangi laju harga minyak yang tinggi dan untuk mendiskusikan cara menurunkan ketergantungan yang tinggi terhadap minyak.

Dalam pernyataan itu disertai pula ketidakstabilan pasar minyak mentah global yang meningkatkan konsumsi energi, menurunkan kemampuan produksi berlebih, kekurangan fasilitas pengilangan minyak yang akan memroses minyak mentah dan dana pembatasan global.

‘Investasi signifikan yang mendesak sangat penting jika ekonomi APEC ingin meningkatkan penawaran dan permintaan-sisi efisiensi,’ menurut pernyataan tersebut.

Pernyataan kerjasama juga mengajak anggota untuk mengadopsi Joint Oil Data Initiative, untuk menyediakan data yang akurat dan dapat diakses dan untuk menyeimbangkan efisiensi energi dengan metode konservasi.

Para perwakilan dalam pertemuan juga memuji persetujuan antara Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan APEC dalam membangun jalur dialog resmi.

‘Para menteri telah memerintahkan Energy Working Group dalam forum APEC untuk mengerjakan detail kerjasama dengan OPEC,’ menurut pernyataan tersebut pula.

Pada Rabu lalu, Menteri Perdagangan, Industri dan Energi, Lee Hee-beom, ketua EMM tahun ini, mencapai persetujuan kerjasama dengan Sekretaris Jenderal OPEC Shihab- Eldin Adnan.

Berdasarkan persetujuan, dalam waktu mendatang OPEC akan membicarakan dengan anggota APEC sebagai kelompok daripada mendiskusikan materi dengan anggota secara individu.

EMM yang ke 7 memanggil Pertemuan Para Pemimpin Ekonomi APEC 30 hari sebelumnya, yang akan dilaksanakan di BUsan, kota kedua terbesar Korea Selatan, yang berlokasi 450 km tenggara Seoul, pada tanggal 18-19.(YS)

Sumber : english.people.com.cn