Kerja dan studi teknis menunjukkan tersedianya hingga 30 juta barrel cadangan minyak di area Azraq.

Kerja dan studi teknis yang dilaksanakan oleh perusahaan pengembangan dan eksplorasi AS menunjukkan tersedianya hingga 30 juta barrel cadangan minyak di area Azraq.

‘Blok Azraq memiliki potensi volume cadangan minyak yang lebih besar,’ menurut Ala’ Nuseibah, eksekutif wakil presiden untuk Operasi wilayah Timur Tengah, Afrika Utara, dan Kaspia untuk Sonoran Energy.

Mengetahui bahwa minyak sedang dieksplorasi di Yordania, Nuseibah mengatakan Sonoran percaya terdapat sumber minyak yang belum dimanfaatkan di area Azraq, Yordania.’

Dia menambahkan bahwa Sonoran telah mengkoordinasikan usahanya dengan Natural Resources Authority (NRA).

‘Kami telah menyusun kembali dan menganlisis data selama 25 tahun terakhir menggunakan teknologi baru. Sehingga, kami telah memutuskan untuk menandatangani perjanjian pembagian produksi (production sharing agreement/PSA) dengan pemerintah blok Azraq,’ katanya.

Dalam persetujuan, Sonoran akan mengambil 60% produksi minyak dan sisanya untuk pemerintah Azraq.

Berdasarkan tiga data seismik baru, Sonoran berencana mengeksplorasi lapangan tambahan di Azraq, kata Nuseibah.

Langkah pertama dalam proses implementasi akan meliputi menyalin semua data NRA yang tersedia di blok Azraq pada perempat kedua tahun 2006 dengan biaya sekitar $ 1 juta.

Pengeboran sumur pertama akan dimulai pada perempat kedua tahun 2007, dan sumur yang kedua pada perempat keempat tahun yang sama. ‘Akhirnya kami akan mengakhirinya dengan studi untuk mengidentifikasi visibilitas komersial produksi,’ kata pihak Sonoran.

Nuseibah menjelaskan bahwa Yordania telah dibagi menjadi sembilan blok eksplorasi : Northern Highlands, Safawi Barat, Safawi Timur, Risha Gas Field, Azraq, Laut Mati, Sirhan Utara, Sirhan Selatan dan Al Jafr dan Yordania Selatan.

Dia memperkirakan cadangan minyak yang tersedia di blok lainnya menunjuk persetujuan PSA antara pemerintah dan PETREL di Safawi Timur.

Menurut Nuseibah, perusahaan minyak besar mengejar area dengan cadangan minyak besar, tidak seperti perusahaan kecil, seperti Sonoran, yang akan didorong untuk mengeksplorasi cadangan yang lebih kecil.

‘Kami tidak mengharapkan Yordania memproduksi minyak sebanyak Saudi Arabia atau Kuwait, tapi kami percaya ada cadangan minyak substansial di Azraq yang akan membantu pemerintah menurunkan beban oil bill,’ katanya.

Wakil Presiden Sonoran menyimpulkan : ‘Kami tidak akan membicarakan penemuan minyak yang besar di negeri ini sebelum 2008.'(YS)

Sumber : www.menafn.com