Altex Energy Ltd., sebuah perusahaan swasta Calgary, telah meminta untuk membangun dan mengoperasikan transportasi perpipaaan yang memroses minyak mentah langsung dari wilayah pasir minyak Alberta utara ke pengilangan di US Gulf Coast.

Altex Energy Ltd., sebuah perusahaan swasta Calgary, telah meminta untuk membangun dan mengoperasikan transportasi perpipaaan yang memroses minyak mentah langsung dari wilayah pasir minyak Alberta utara ke pengilangan di US
Gulf Coast.

Altex menilai kepentingan pengiriman, darimana akan ditentukan kapasitas inisial pepipaan, rute yang tepat, konfigurasi titik penerimaan dan pengiriman, dan penjadwalan.

Siste perpipaan Altex diharapkan memiliki kapasitas inisial 250,000 barrel /hari, dimana Altex Energy menentukan economic threshold untuk proyek jenis ini. Perpipaan ini akan dapat dikembangkan menjadi hampir 750,000 barrel /hari.

Persiapan teknik (preliminary engineering), lingkungan, dan aktivitas perencanaan dan perancangan lain masih dalam proses, kata Altex.

Altex adalah perusahaan baru dengan manajer yang sebelumnya berkecimpung dalam perpipaan gas Alliance sepanjang 1900 mil dari bagian timur British Columbia ke Chicago.

Proyek lain untuk melaksanakan produksi pasir minyak yang diminta AS sebelumnya. Diantaranya, TransCanada memiliki proposal $ 1.7 juta untuk Keystone Pipeline sepanjang 1,870 mil yang akan mentransfer 400,000 barrel /hari minyak mentah dari Hardisty, Alta., ke Wood River dan Patoka, Ill. (OGJ Online, 9 Agt., 2005). Dan Enbridge Energy Partners LP, Calgary, berencana menambah 400,000 barrel/hari kapasitas minyak mentah pada sistem jalur utamanya dari Hardisty, Alta., ke Chicago, Ill., secepatnya tahun 2009 (OGJ Online, 1 Agt., 2005).(YS)

Sumber : ogj.pennnet.com