Occidental Petroleum Corp. telah menyetujui untuk memperoleh Vintage Petroleum Inc. Tulsa senilai $ 3,8 milyar.

Occidental Petroleum Corp. telah menyetujui untuk memperoleh Vintage Petroleum Inc. Tulsa senilai $ 3,8 milyar dan penerimaan utang Vintage sebesar $ 550 juta.

Pada akhir tahun 2004, Vintage telah membuktikan cadangan 437 juta boe—50% diantaranya di Argentina dan 32% di AS—dan 421 juta boe cadangan lagi. Selama perempat kedua tahun ini, total produksi rata-ratanya sebesar 76.000 boe/hari, dengan sumbangan dari Argentina sebesar 37.000 boe/hari dan 11.000 boe/hari dari California.

Oxy mempunyai cadangan dari semua sumbernya sebesar 2.53 milyar boe. Akuisisi diharapkan meningkatkan cadangan Oxy hingga 3 milyar boe dan memperluas cadangannya dari level produksi 12,2 tahun menjadi 12,7 tahun.

Rencana Oxy

Perusahaan ini merencanakan akan berinvestasi sebesar $ 150-200 juta/tahun untuk meningkatkan cadangan dan produksi Vintage dan berharap dapat memotong pengeluaran umum dan administratifnya sampai $ 40-60 juta/tahun dan pengeluaran modal eksplorasi sebesar $ 100 juta/tahun.

Oxy mengatakan akan menerapkan teknik eksplorasi dan perolehan minyak yang tinggi terhadap operasi Vintage di California, yang akan digabungkan ke dalam operasi Oxy di dekat San Joaquin Valley bagian selatan dan Sacramento Valley. Di Amerika Latin, produksi Vintage di Argentina akan menjadi 70.000 barrel/hari yang diproduksi Oxy di perempat kedua di Colombia dan Ecuador.

‘Kami harap akan dapat menggandakan produksi Vintage dari Argentina dalam 5 tahun sebagaimana peningkatan dari California hingga 20% dalam beberapa tahun mendatang,’ kata Ray R. Irani, sebagai Ketua, Presiden, dan CEO Oxy.

Produksi minyak Vintage pada perempat kedua di Yaman rata-rata mendekati 4.000 barrel/hari dari lapangan yang berdekatan dengan operasi Oxy.

Pelepasan

Oxy menunjukkan minat dalam melepaskan aset Vintage di Texas Timur, sepanjang Gulf Coast, dan di wilayah Midcontinent. Aset ini sebesar 19.000 boe/hari dari produksi perempat kedua Vintage tahun ini.

Oxy berharap akan membiayai akuisisi—dan program pembelian kembali saham Oxy sebesar 9 juta—dari $ 1,7 milyar cash pada 30 September ditambah cash yang dihasilkan dalam perempat keempat. Vintage diharapkan mendapatkan $ 225 juta cash pada akhir tahun.

Transaksi Vintage diharapkan menutup perempat pertama tahun 2006, subjek hingga persetujuan peraturannya.(YS)

Sumber : ogj.pennnet.com