ConocoPhillips telah menyetujui syarat-syarat fiskal yang diajukan oleh pemerintah Alaska untuk perpipaan gas alam.

ConocoPhillips telah menyetujui syarat-syarat fiskal yang diajukan oleh pemerintah Alaska untuk perpipaan gas alam ke Lower 48, pemerintah Alaska, kata Frank H. Murkowski pada tanggal 21 Oktober dalam konferensi pers di Fairbanks.

Pemerintah sedang dalam negosiasi kontrak dengan dua produsen North Slope lainnya, yaitu BP PLC dan ExxonMobil Corp.

‘Ini merupakan peristiwa penting-dan menunjukkan tanda-tanda positif. Pekerjaan tambahan masih ada,’ kata Murkowski. ‘Sampai kami mencapai persetujuan dengan ketiga perusahaan produsen, Saya tidak dapat memberitahukannya secara detail karena masih rahasia.’

Pada tanggal 6 Oktober, Murkowski mengumumkan bahwa dia telah mengirimkan surat mengenai syarat-syarat kontrak kepada para produsen. Pada waktu itu, katanya pemerintah merasa ‘semakin dekat dibanding sebelumnya’ untuk mencapai persetujuan tentang perpipaan gas.

Perpipaan gas yang diajukan Murkowski dan ConocoPhillips sepanjang lebih dari 3.000 mil akan melalui Kanada bagian barat sampai US Midwest dan membawa 4 bcfd gas dari North Slope. Perpipaan ini akan menelan biaya $ 20 milyar.

Challenger Capital Group Ltd. dari Dallas, bersama dengan Credit Suisse First Boston dan UBS, terpilih untuk menyediakan financial advisor untuk partisipasi pemerintah Alaska dalam konstruksi jalur gas.(YS)

Sumber : ogj.pennnet.com