Perpipaan minyak Baku-Tbilisi-Ceyhan (BTC) mulai bisa beroperasi pada awal 2006, menurut Tony Hayward.

Perpipaan minyak Baku-Tbilisi-Ceyhan (BTC) mulai bisa beroperasi pada awal 2006, menurut Tony Hayward, chief executive divisi produksi dan eksplorasi BP PLC. Dia mengatakan bahwa jalur ini diharapkan start up antara akhir tahun sampai minggu ketiga bulan Januari 2006.

Perpipaan BTC sedang dibangun oleh konsorsium internasional (dengan 11 rekanan), yang dipimpin BP dan State Oil Company of Azerbaijan (Socar).

Pernyataan Hayward, yang diberikan kepada jurnalis pada 25 Oktober, menjelaskan tentang tanggal start-up pengiriman dari terminal ekspor perpipaan di pelabuhan Turki di Mediterranean, Ceyhan.

BP Azerbaijan Pres. David Woodward yang ditunjuk minggu lalu oleh media pemerintah Azerbaijan, mengatakan target pelaksanaan operasi penuh pada akhir tahun ini cukup ‘menantang’ karena dilakukan pengujian dan commissioning secara ekstensif di perpipaan bagian Turki.

Menurut Woodward, pemberitaan Azerbaijan, Turan, mengatakan tanker pertama yang membawa minyak mentah dari lapangan minyak Azeri akan meninggalkan Ceyhan pada perempat pertama 2006 dan bukan perempat keempat tahun ini.

Tetapi Turan juga menyebutkan Socar Pres. and Chairman of BTC Co., Natiq Aliyev, mengatakan masih ada kemungkinan mengirim tanker pertama dengan minyak mentah Azeri dari pelabuhan Ceyhan sebelum akhir tahun. ‘BTC Co. belum merubah jadwal pengiriman tanker pertama,’ katanya.

Pada 12 Oktober, bagian Georgia pada perpipaan minyak BTC diresmikan di distrik Gardabani di Georgia bagian selatan dalam perayaan yang dihadiri presiden Azerbaijan, Georgia, dan Turki, sebagaimana Steven Mann, duta presidensial AS di Kaspia (OGJ Online, Oct. 18, 2005).

Linefill perpipaan BTC dimulai di terminal minyak Saganchal di Azerbaijan pada tanggal 10 Mei.(YS)

Sumber : ogj.pennnet.com