Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Purnomo Yusgiantoro mengatakan 90 persen lapangan minyak di Indonesia sudah melewati masa puncak.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Purnomo Yusgiantoro mengatakan 90 persen lapangan minyak di Indonesia sudah melewati masa puncak. Karena itu, pengeboran sumur baru sangat penting, apalagi Indonesia tengah menghadapi penurunan produksi minyak mentah sekitar lima persen.

‘Padahal minyak bumi masih mejadi sumber utama penerimaan keuangan negara,’ kata Purnomo dalam siaran pers yang dibagikan Dinas Hubungan Pers dan Masyarakat Badan Pengelolan Minyak dan Gas tadi malam.

Peningkatan produksi minyak bumi, lanjut dia, dapat dilakukan karena besar cadangan minyak bumi diperkirakan masih sekitar 8,9 miliar barel. Jika dikelola dengan tepat, hal itu akan dapat memenuhi target.

Rencananya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan 13 proyek minyak dan gas bumi yang tersebar di berbagai daerah, Jumat (28/10) ini. Acara peresmian akan dipusatkan di Jambi pada proyek yang dikerjakan oleh investor asal Cina, PetroChina.

Investasi untuk 13 proyek itu mencapai US$ 1,213 miliar (sekitar Rp 12 triliun). Masa produksi dimulai pada 2004 dan tahun ini. Diharapkan, produksi minyaknya bisa mencapai 69,700 barel per hari, gas sebesar 1,530 juta kaki kubik per hari dan LPG sekitar 16,600 BPD.

Sumber : www.tempointeraktif.com