National Energy Board (NEB), Kanada, mengharapkan produksi rata-rata total gas Kanada akan meningkat menjadi 17,3 bcfd pada akhir tahun 2007.

National Energy Board (NEB), Kanada, mengharapkan produksi rata-rata total gas Kanada akan meningkat dari 16,9 bcfd pada 2004 menjadi 17,3 bcfd pada akhir tahun 2007.

Dalam laporannya, Short-term Canadian Natural Gas Deliverability 2005-07, NEB membicarakan situasi pasokan gas jangka pendek, dengan cara menguji trend produksi sebelumnya di Basin Sedimen Kanada Barat (Western Canada Sedimentary Basin/WCBS) dan bagian timur Kanada.

Ketua NEB, Ken Vollman mengatakan, ‘Sementara produksi gas konvensional di WCSB diperkirakan sedikit menurun, peningkatan produksi gas alam dari coalbed methane diharapkan menutup penurunan tersebut dan memungkinkan peningkatan dalam gas deliverability.’

Berkenaan dengan Kanada timur, NEB mengharapkan produksi dari proyek Sable, Nova Scotia, akan tetap pada 400 MMcfd gas selama 2005-06. Pemasangan fasilitas kompresi diharapkan secara singkat dapat meningkatkan produksi menjadi 500 MMcfd selama 2007.

Sementara itu, peningkatan harga gas alam mendorong record level pengeboran gas di seluruh Kanada. NEB mengantisipasi industri akan menjaga level pengeboran yang sangat tinggi, tetapi usaha tersebut diperkirakan hanya menghasilkan peningkatan kecil dalam produksi gas Kanada selama 2 tahun mendatang.

WCSB

Hampir 98% dari produksi gas Kanada saat ini datang dari WCSB, dengan Alberta sebanyak 80% sementara British Columbia sebanyak 16%, dan Saskatchewan sebanyak 4%.

NEB memperkirakan produksi gas konvensional WCSB akan turun dari 16,3 bcfd pada tahun 2004 menjadi 16 bcfd pada tahun 2007.

Sementara itu, produksi CBM di WCSB berkembang dengan cepat. Proyek NEB, produksi CBM, akan mencapai 900 MMcfd pada akhir tahun 2007 dibandingkan dengan perkiraan sebesar 300 MMcfd pada 2005.

Produksi CBM komersial sedang dilakukan di beberapa bagian Alberta, dan masih dalam tahap eksperimental di bagian lain Alberta dan British Columbia.(YS)

Sumber : ogj.pennnet.com