Brazil mengharapkan akan mencapai penyediaan sendiri minyak untuk tahun depan dengan diproduksinya hampir 2 juta bpd minyak.

Brazil mengharapkan akan mencapai penyediaan sendiri minyak untuk tahun depan dengan diproduksinya hampir 2 juta bpd minyak, menurut Menteri Keuangan, Silas Rondeau.

Saat ini, Brazil memproduksi 1,73 juta bpd minyak dan memproyeksikan konsumsi akhir tahun sebesar 1,85 juta bpd.

‘Penyediaan sendiri minyak seharusnya dicapai…pada tahun 2006,’ kata Rondeau.

Guilherme Estrella, direktur eksplorasi dan produksi Petrobras, mengatakan bahwa selama 2006-10 Petrobras berencana menginvestasikan $ 34.1 milyar dalam eksplorasi dan produksi.

Perusahaan ini akan menghabiskan $ 28 milyar di Brazil, termasuk $ 4,1 milyar dalam eksplorasi dan $ 23,9 milyar dalam produksi dan pengembangan, lanjutnya.

Selama 1970-an, Brazil mengimpor 85% minyak yang dikonsumsinya, menyebabkan krisis keuangan yang berlangsung lebih dari satu dekade.

Komitmennya untuk eksplorasi dan produksi termasuk perhatian baru akan gas alam.

‘Kami memperkirakan dalam 10 tahun kami akan memiliki 70 juta m3/hari gas – sekitar empat kali dari yang kami miliki sekarang,’ kata Rondeau. Dia juga menyebutkan terlalu dini untuk memproyeksikan kemungkinan Brazil dapat mencapai penyediaan sendiri untuk gas. (YS)

Sumber : ogj.pennnet.com