Norsk Hydro dan Statoil berbagi tanggung jawab untuk proyek tersebut, dengan Hydro menjadi operator fase pembangunan, sementara Statoil menangani proyek pembuatan perpipaan.

Perpipaan bawah laut terpanjang di dunia telah diselesaikan setengahnya di bagian selatan. Pipa Langeled di North Sea, yang bila selesai akan diletakkan antara Nyhamna di barat laut Norwegia dan Easington di UK, akan mulai mengalirkan gas dari lapangan Ormen Lange pada tahun 2007 dan bisa menangani hingga 1/5 permintaan gas UK.

Norsk Hydro dan Statoil berbagi tanggung jawab untuk proyek tersebut, dengan Hydro menjadi operator fase pembangunan, sementara Statoil menangani proyek pembuatan perpipaan.

Direktur proyek Hydro Tom Røtjer mengatakan ‘Kami senang telah menyelesaikan bagian selatan perpipaan Langeled (antara platform Sleipner di North Sea dan Easington) tahun ini. Ini merupakan hal yang penting dalam proyek.’

Keseluruhan proyek, yang menghabiskan biaya NOK 66 milyar (dalam nilai Kroner tahun 2003), masih tepat waktu dan sesuai dengan dana yang tersedia.

Lebih dari satu juta ton baja telah digunakan untuk Langeled, dan produksi pipa untuk sistem transportasi menghabiskan 1/3 kapasitas gabungan produksi dunia untuk jenis pipa seperti ini.

Bagian selatan Langeled sepanjang 525 km telah menggabungkan berat lebih dari satu juta ton, termasuk berat coating. Pipa ini memiliki diameter 44 in.

Mulai Oktober 2006, gas akan mengalir melalui bagian ini dari lapangan Sleipner di North Sea sektor Norwegia ke Easington.

Bagian utara perpipaan Langeled akan terbentang dari Sleipner ke Nyhamna tahun depan, dan akan memiliki diameter 42 in.

Pipa tersebut dibuat di Jerman dan Jepang dan diberi pre-treatment untuk lapisan berat dan karat di Bredero Shaw yard di Farsund, Norwegia, sebelum dipasang di dasar laut. Pekerjaan ini telah menghabiskan lebih dari satu juta ton concrete dan 25.000 ton iron reinforcement.

Jika produksi dari lapangan Ormen Lange dimulai pada musim gugur tahun 2007, sebanyak 70 MMcm gas, dengan volume sebanding dengan konsumsi energi harian seluruh Norwegia, akan mengalir melalui perpipaan Langeled. Perpipaan ini terbentang dari vessel LB200 dan Solitaire, yang dimiliki oleh masing-masing Stolt Offshore dan Allseas.

LB200 merupakan pabrik pipa floating yang besar. Memiliki enam stasiun pengelasan di sepanjang panjang kapal. Pipa di las bersama sebelum dilakukan protective coating. Lalu dilakukan cek ultrasound untuk hasil lasan sebelum pipa diletakkan di dasar laut dengan kecepatan 5 km perhari.(YS)

Sumber : os.pennnet.com