China National Petroleum Corp. dan Kazakhstan National Petroleum & Natural Gas Co. telah menyelesaikan konstruksi pipa minyak sepanjang 1.000-km Atasu-Alashankou.

China National Petroleum Corp. dan Kazakhstan’s National Petroleum & Natural Gas Co. telah menyelesaikan konstruksi pipa minyak sepanjang 1.000-km Atasu-Alashankou.

Jalur baru yang terbentang dari Atasu di wilayah Karaganda pusat, Kazakhstan, melalui Alashankou rail yang melintasi provinsi Xinjiang, China barat, dirancang untuk membawa 140 juta bbl/tahun minyak mentah dari Kazakhstan ke China mulai 1 Januari 2006.

Pada bulan Oktober, perdana menteri Kazakhstan, Danial Akhmetov mengatakan pipa Atasu-Alashankou juga bisa digunakan oleh perusahaan minyak Rusia.

Perusahaan minyak pemerintah Rusia, Rosneft, yang saat ini mengalirkan minyak ke China melalui rail, telah mengajukan ijn untuk mengalirkan 1,2 juta ton minyak via pipa Kazakhstan-China pada tahun 2006. OAO Lukoil juga mengaku tertarik dalam penggunaan pipa tersebut.

Sementara itu, media pemerintah China, Altaw Pass, mengatakan jika sambungan akhir pipa selesai, diharapkan akan menjadi pusat railway, jalan, dan jaringan pipa untuk wilayah barat laut China. (YS)

Sumber : ogj.pennnet.com