ExxonMobil Corp. menyatakan bahwa lapangan minyak tunggal terbesar di Kanada – proyek offshore Newfoundland Hibernia – bisa mengandung minyak mentah yang lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya.

ExxonMobil Corp. menyatakan bahwa lapangan minyak tunggal terbesar di Kanada – proyek offshore Newfoundland Hibernia – bisa mengandung minyak mentah yang lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya.

ExxonMobil, pemimpin proyek tersebut, memperingatkan pada hari Rabu bahwa laporan tersebut spekulatif, dan veteran industri mengetahui bahwa perkiraan potensi minyak berfluktuasi.

Surat kabar independen di St. John’s, N.L., mengutip Newfoundland Premier Danny Williams beberapa minggu lalu mengatakan bahwa dia telah mendengar ada kolam baru di selatan proyek Hibernia yang mengandung minyak 200 – 300 juta barel.

Dan National Post mengutip seorang sumber pada hari Rabu mengatakan bahwa mereka telah mendengar mungkin lebih dari 300 juta barel terdapat di reservoir baru yang disebut Hibernia Selatan. Kolam tersebut dekat dengan platform Hibernia dan dicapai menggunakan teknik slant drilling tahun lalu.

Beberapa veteran industri di St. John’s, yang tidak mau diketahui namanya, juga mengatakan ada sinyal bahwa ExxonMobil telah menemukan minyak lagi.

‘Kembali ke bulan September, Hibernia datang dengan ekspresi ketertarikan untuk modifikasi bawah laut,’ kata orang dalam industri, yang telah mengabdi selama 25 tahun di perusahaan multinational itu.

‘Tampak bagi kami di industri bahwa mereka merencanakan modifikasi besar terhadap platform dan merencanakan komponen bawah laut untuk Hibernia selatan.’

Tapi ExxonMobil mengatakan itu hanya dugaan saja.

‘Kami sedang melakukan pengeboran di area tersebut . . . Kami telah mengatakan sejak bulan Juni bahwa terlalu dini untuk berspekulasi.’

Jim Wright, ahli geofisika di Memorial University yang memantau industri, mengatakan sangat masuk akal bila ExxonMobil hanya mengatakan sedikit informasi.

‘Ketakutan besar mereka adalah pasar saham akan menyerang mereka jika mereka optimis tentang hal ini lalu tidak terbukti,’ katanya.

Proyek Hibernia masih merupakan sejarah panjang prediksi yang fluktuatif terhadap kandungan minyak.

Ian Doig, analis industri di Calgary yang telah mengikuti Hibernia selama dua dekade, menyatakan peringatannya.

‘Pada awal tahun 1980-an, minyak yang bisa diperoleh sebanyak 1,8 milyar barel, dan setelah dilakukan beberapa pengeboran menurun menjadi 1,2 milyar.’

‘Pengeboran berikutnya, menurun lagi menjadi 800 juta barel, dan jatuh lagi menjadi 525 juta barel.’

Jika laporan tersebut benar, akan mendorong cadangan menjadi satu milyar barel, di atas gambaran Canada-Newfoundland Offshore Petroleum Board sebanyak 865 juta.(YS)

Sumber : www.canada.com