BP telah mengumumkan bahwa minyak mulai mengalir dari lapangan Farragon, 140 mil timur laut Aberdeen.

BP telah mengumumkan bahwa minyak mulai mengalir dari lapangan Farragon, 140 mil timur laut Aberdeen. Hal ini diharapkan mencapai puncaknya pada 18.000 barel perhari jika sumur kedua telah beroperasi tahun ini.

Farragon telah membangun tie-back bawah laut ke BP yang beroperasi di platform Andrew melalui bawah laut Cyrus. Pembangunan Farragon menelan biaya £ 74 juta ($ 130 juta) dan diharapkan mendapatkan sekitar 18 juta barel minyak.

Dave Blackwood, Direktur BP untuk operasi di Laut Utara, mengatakan pembangunan Farragon merupakan contoh investasi yang berhasil memaksimalkan penggunaan infrastruktur Laut Utara yang telah tersedia.

“Membawa proyek dari penemuan minyak pertama dalam kurang dari 3 tahun menunjukkan apa yang bisa diperoleh dari antusiasme, inovasi dan kerjasama dalam lingkungan bisnis yang stabil. Ini merupakan proyek yang sangat berhasil dan merupakan kesempatan satelit yang akan menjadi hal vital di masa yang akan datang di Laut Utara ini.”

Gordon Birrell, Direktur untuk Mature Business Unit BP, menambahkan:

“Pencapaian hari ini merupakan nilai tambah bagi tim yang terlibat dalam berbagai tahap pembangunan Farragon, dan fokus mereka dalam kerjasama dan keselamatan tim yang telah mengantarkan kita menemukan minyak pertama.”

Minyak dari lapangan akan diproses melalui fasilitas yang tersedia di platform Andrew dan diekspor ke Forties Pipeline System.

Rekanan di lapangan Farragon adalah BP (operator) 50%, Eni (30%) dan Nexen Petroleum U.K. Ltd (20%). (YS)

Sumber : www.azom.com