UK, konsumen terbesar gas alam di Eropa Barat, mempekerjakan konsultan independen untuk mempelajari prospek kekurangan gas alam pada musim dingin ini dan potensi ancamannya terhadap perekonomian.

UK, konsumen terbesar gas alam di Eropa Barat, mempekerjakan konsultan independen untuk mempelajari prospek kekurangan gas alam pada musim dingin ini dan potensi ancamannya terhadap perekonomian.

Pejabat pemerintahan dan industri bertemu minggu lalu di Downing Street No. 10 , kantor Perdana Menteri Tony Blair, untuk membahas masalah tersebut. Studi tersebut untuk menentukan apakah power plants dan konsumen industri lainnya akan dapat mengurangi konsumsi gas alamnya selama waktu besarnya permintaan. Tinjauan kedua adalah menentukan implikasi untuk ekonomi negara kedua terbesar Eropa itu.

‘Kami sadar ini merupakan masa sulit untuk konsumen gas yang besar,’ menurut surat dari Richard Abel, direktur pasar energi domestik di Departemen Perdagangan dan Industri, tertanggal 16 November dan dikirimkan ke para pembeli gas industri. ‘Bagaimanapun, kami percaya bahwa hal ini merupakan masa kritis bagi pemerintah untuk mengerti situasi ini dengan lebih baik pada musim dingin mendatang.’

Trader mempersiapkan pengurangan tersebut dengan menyimpan gas alam untuk digunakan selama musim dingin saat output Laut Utara menurun dan permintaan meningkat. Ketika temperatur turun dibawah titik beku, konsumsi bisa lebih dari dua kali lipat bulan-bulan musim panas. Harga yang berfluktuasi sejak tahun lalu, mendorong naiknya biaya untuk manufacturer dan konsumen.

Perusahaan-perusahaan dalam grup Ineos, grup petrokimia terbesar keempat dunia, mengatakan minggu lalu mereka mempersiapkan penurunan produksi di plant Runcorn, Inggris, sekitar 2/3-nya untuk menghemat gas dan menjualnya untuk penggunaan lain.

Studi yang ditugaskan pada Departemen Perdangan dan Industri, ‘akan sangat penting dalam memberi gambaran kesempatan dan tantangan yang realistis dan terkini yang kami hadapi pada musim dingin mendatang ,’ menurut surat yang diperoleh Bloomberg. Abel tidak akan berkomentar jika dihubingi lewat telepon.

Pertemuan Downing Street

Pertemuan di London pada 9 November di Downing Street dihadiri oleh perwakilan industri dan pejabat pemerintah, termasuk Menteri Energi, Malcolm Wicks, menurut surat tersebut. Juru bicara DTI menolak untuk berkomentar mengenai kehadiran Blair.

Gas alam UK untuk pengiriman tepat waktu hampir tiga kalinya menjadi 70.1 pence tiap therm ($ 12.07 per juta BTU) kemarin dari 27.55 pence dua minggu yang lalu, menurut broker Spectron Group Plc. Gas alam musim dingin lalu rata-rata berada pada 24 pence. Satu therm adalah banyaknya gas yang dibutuhkan untuk mendidihkan air sebanyak 300 ketel teh.

‘Kami menangani beberapa studi dengan industri untuk memastikan semuanya dipersiapkan jika kita mendapatkan musim dingin yang lebih dingin dari biasanya yang akan menekan pasokan,’ Mik Dennehy, juru bicara departemen, mengatakan dalam e-mail.

Studi pertama oleh konsultan di Global Insight akan menilai ‘kemungkinan permintaan dan kemampuan’ pabrik-pabrik dan power station untuk mengurangi
permintaan gas ketika harga meningkat, menurut surat tersebut. Kedua, oleh ILEX Energy Consulting Ltd., akan melihat dampak ekonomis dalam penurunan permintaan gas untuk perusahaan yang memasok pabrik-pabrik atau mengandalkan produk dan pelayanan mereka, katanya.

Tetap Menjaga Panas

Sekitar 3/4 perumahan di UK menggunakan gas alam untuk pemanasannya, dan gas sebanyak 38% dari total energi yang dihasilkan Inggris. Output gas domestik turun 11% dari 2000-2004 karena lapangan menua dan cadangan menurun setelah pemompaan selama empat dekade.

National Grid Plc, yang menangani jaringan pipa, ditugaskan untuk memastikan perumahan tidak kehabisan gas alam untuk tungku pembakaran. Pada laporan bulan Oktober, National Grid dan kantor pusat Gas and Electricity Markets di London mengatakan industri mungkin akan perlu menekan penggunaan untuk memastikan pasokan terhadap perumahan aman dalam cuaca yang keras tersebut, atau karena pasokan dipotong di lapangan atau terminal.

Para manufacturer di Inggris sudah cukup kesulitan. Produksi pabrik-pabrik di negara ekonomi terbesar kedua di Eropa ini menyusut untuk bulan kedua pada bulan September, jatuh sebesar 0,3%, mengikuti penurunan di industri kimia dan fiber, pemerintah melaporkan pada minggu lalu. Dua industri dibangun di UK untuk memberi pasokan gas Laut Utara.(YS)

Sumber : www.bloomberg.com