Perusahaan pemerintah Brazil, Petroleo Brasileiro SA (Petrobras) sedang dalam tahap akhir negosiasi dengan Repsol YPF SA, Spanyol, untuk pembangunan lapangan kondensat gas raksasa Mexilhao.

Perusahaan pemerintah Brazil, Petroleo Brasileiro SA (Petrobras) sedang dalam tahap akhir negosiasi dengan Repsol YPF SA, Spanyol, untuk pembangunan lapangan kondensat gas raksasa Mexilhao di Blok BS-400 di basin Santos di luar Brazil.

Pejabat Petrobras mengatakan kepada OGJ bahwa kedua perusahaan mempunyai persetujuan rahasia dan tidak mengungkapkan rencananya sampai program pembangunan definitif bisa diumumkan.

Petrobras menemukan lapangan Mexilhao pada tahun 2003 dengan sumur eksplorasinya 1-SPS-35, yang dibor oleh Alaskan Star semisubmersible pada kedalaman 1.591 kaki air (OGJ Online, May 12, 2003). Ini diperkirakan mengandung 2,54 tcf gas alam.

Francisco Nepomuceno, manajer produksi dan eksplorasi Petrobras mengatakan lapangan tersebut akan menelan biaya sekitar $ 1,9 milyar. Pada laporan akhir, perusahaan ini berencana membawa lapangan ke tahap produksi dengan fixed production platform yang mampu menangani 529,7 MMcfd gas. Dan lapangan ini diharapkan melaksanakan operasi pada pertengahan 2008.

Nepomuceno juga mengatakan rencana konstruksi fasilitas pemrosesan gas di utara Sao Paulo, Caraguatatuba, menelan biaya sekitar $ 300 juta, dimana gas akan dialirkan melalui pipa bawah laut dari platform produksi. Selain itu, perusahaan ini juga berniat untuk membawa ke tahap produksi 635,7 MMcfd gas dari Blok BS-500, yang terletak di perairan dalam basin Santos dan akan memerlukan dua atau tiga platform produksi.

Nepomuceno mengatakan Petrobras yakin basin Santos mengandung sekitar 14,8 tcf gas alam dan berencana melakukan eksplorasi pengeboran setidaknya di 74 blok. (YS)

Sumber : ogj.pennnet.com