Shell EP Libya GmbH, bersama dengan rekannya NOC memulai operasi seismik di onshore Basin Sirte minggu ini.

Shell EP Libya GmbH, bersama dengan rekannya National Oil Corporation of the Great Socialist People’s Libyan Arab Jamahiriya (NOC) memulai operasi seismik di onshore Basin Sirte minggu ini. Hal ini menindaklanjuti keberhasilan proses tender dan akan menghasilkan program seismik terbesar untuk grup Shell pada 2006.

Kontrak telah diberikan untuk persiapan empat kru seismik dengan fase start up antara November 2005 dan Maret 2006. Akuisisi seismik akan dilengkapi dengan kampanye aeromagnetik yang besar, juga direncanakan akan dimulai bulan ini.

Saat pekerjaan ini selesai pada pertengahan 2007, Shell akan memperoleh hampir 8.000 km 2D data seismik dan 3.300 km2 3D data seismik, dan juga 68.000 km data aeromagnetik. Pengeboran direncanakan mulai semester kedua tahun 2007.

Wakil Presiden Eksekutif Eksplorasi Shell, Matthias Bichsel, mengatakan : ‘Ruang lingkup kerja yang luas dan langkah agresif akuisisi menunjukkan komitmen dan antusiasme Shell dalam program eksplorasinya di Basin Sirte, Libya. Hal ini menandai aktifitas di daratan untuk proyek produksi dan eksplorasi gas yang terintegrasi dan awal kerjasama strategis jangka panjang dengan Libya dalam pembangunan industri LNG.’

Kru seismik pertama, yang dioperasikan oleh BGP International Libya Inc, telah membangun base camp dan memulai operasi di lapangan. Kru kedua dari PGS Exploration Ltd mulai akhir November, diikuti oleh kru dari WesternGeco Overseas Inc pada bulan Desember dan Veritas DGC Ltd pada Februari 2006. Kampanye survey aeromagnetik, yang diberikan kepada Worley Parsons Geo-Physical Exploration dan rekan lokalnya, National Bureau for Research and Development, mulai beroperasi dari Marsa El Brega airport pada akhir November.

Pada bulan Mei 2005, Shell menandatangani penjanjian untuk bekerja sama dengan NOCuntuk membangun industri LNG yang modern, dan mengeksplorasi untuk pembangunan gas. Proyek ini menggabungkan eksplorasi di lima blok seluas 20.000 km2 dan peremajaan dan peningkatan plant LNG Marsa El Brega, yang dioperasikan oleh Sirte Oil Company. (YS)

Sumber : www.edubourse.com