Venezuela berencana menawarkan serangkaian ijin produksi dan eksplorasi offshore baru tahun depan di Teluk Paria dan Plataforma Deltana.

Venezuela berencana menawarkan serangkaian ijin produksi dan eksplorasi offshore baru tahun depan di Teluk Paria dan Plataforma Deltana, menurut Menteri Perminyakan dan Pertambangan, Rafael Ramirez.

‘Kami akan kembali ke timur Venezuela,’ kata Ramirez, yang juga presiden dari Petroleos de Venezuela (PDVSA). ‘Sekarang tujuan di barat Venezuela telah tercapai, kami akan memberikan blok-blok di area offshore bagian timur.’

Ramirez menambahkan bahwa negara akan memberikan syarat dan prosedur yang sama untuk ijin proyek gas Rafael Urdaneta (OGJ Online, Nov. 17, 2005). Blok-blok yang akan ditawarkan akan diumumkan selama triwulan pertama 2006, dan kompetitor yang terdaftar untuk konsesi harus memasukkan private bids, katanya.

Ramirez menunjukkan bahwa putaran pertama dari dua ijin untuk proyek Rafael Urdaneta memiliki hasil yang beragam, dengan blok-blok tersebut diberikan kepada Chevron Corp., Eni SPA, OAO Gazprom, Petroleo Brasileiro SA, Repsol-YPF, dan Teikoku Oil Co. Empat dari 10 blok yang ditawarkan tidak memperoleh bid. Tidak ada ijin baru dalam proyek yang akan diberikan selama 2006, karena sedang PDVSA melaksanakan serangkaian studi geologi baru di 23 blok yang tersisa. (YS)

Sumber : ogj.pennnet.com