Karena badai musim dingin yang ganas mendekati UK minggu ini, ketidakpastian pasokan dan harga yang tinggi untuk bahan bakar musim dingin merupakan perhatian para pemimpin industri gas alam Eropa saat dibukanya pertemuan tahunan ke 20 European Autumn Gas Conference di London.

Karena badai musim dingin yang ganas mendekati UK minggu ini, ketidakpastian pasokan dan harga yang tinggi untuk bahan bakar musim dingin merupakan perhatian para pemimpin industri gas alam Eropa saat dibukanya pertemuan tahunan ke 20 European Autumn Gas Conference di London.

Pasar Eropa yang terintegrasi dan terderegulasi secara penuh merupakan jawaban, menurut pembicara, tapi beberapa melihat kesulitan dari ketidakpuasan konsumen atas harga yang tinggi, dorongan pemerintah untuk mencampuri pasar dan memperburuk, dan perdagangan gas alam global yang sedang berkembang.

Pandangan UK

Menteri Energi UK, Malcolm Wicks, mengatakan beliau melihat dua tantangan untuk negaranya: ketergantungan yang meningkat pada pasokan gas alam impor selama 20 tahun dan kompetisi pasokan di pasar gas global.

Wicks menentang kurangnya pasar yang dibangun kembali diantara 25 anggota Uni Eropa, dan mengatakan distorsi yang telah konsumen ‘bayarkan lebih dari yang mereka butuhkan.’ Komisi Eropa baru-baru ini mengeluarkan peringatan keras kepada anggota Uni Eropa untuk mempercepat deregulasi pasar gas dan listrik (OGJ, Nov. 21, 2005, Newsletter).

Wicks menunjukkan akan merencanakan lapangan gas-kondensat Shtokman sebagai bukti jenis pasokan yang dikeluarkan menghadapi UK dan Eropa: Ditentukan untuk pasar Eropa, gas dari lapangan raksasa Laut Barents ditargetkan untuk pasar LNG US (OGJ, Oct. 3, 2005, Newsletter).

Seperti disebutkan pembicara selanjutnya, Wicks menunjukkan munculnya pasar gas China sebagai contoh lain kompetisi yang dihadapi Eropa.Dia mengatakan, di UK perkembangan telah dilakukan dengan petunjuk liberalisasi pada tahun 1998 dan 2003, tapi telah melambat. Pemerintah UK akan memperhatikan bahan bakar yang dikompetisikan yang selama ini telah menikmati perlindungan pemerintah : energi nuklir, batubara, dan terbarukan.

Ditanya apakah Eropa dapat atau harus mendukung hubungan yang lebih kuat dengan Iran, khususnya dalam impor gas yang lebih besar melalui pipa, Wicks menyatakan kesulitannya karena rejim politik disana, tapi menambahkan umumnya wilayah-wilayah harus maju menuju ‘integrasi bangsa yang lebih besar.’

Masa Depan Gas

Dalam pokok pikirannya, BP PLC’s Vivienne Cox, wakil peresiden eksekutif grup untuk gas, tenaga, dan terbarukan dan manager perdagangan gas, memulai dengan memberikan pertanyaan kepada industri : ‘Dapatkah kita percaya pada pasar gas dan permintaan pasar?’

Ini sebuah pertanyaan yang ditanyakan konsumen, menambahkan ‘Apakah gas akan menjadi bahan bakar untuk masa depan?’

Dan Cox menunjukkan bahwa perhatian harga di US merupakan ‘skewing decisions‘ mengenai pasokan energi. Di China juga, disamping pasar potensial yang besar, gas menghadapi kompetisi yang hebat dengan tenaga nuklir dan batubara. ‘Akankah gas diberi waktu untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan?’ dia menanyakan, mengemukakan kerugian bahan bakar di negara berkembang seperti China.

Karena UK melakukan transisi untuk mengimpor gas alam, harga seharusnya mulai melunak, kata BG Europe’s Mark Carne.

Menunjuk bahwa pasar global yang berkembang untuk LNG, Carne mengatakan, ‘Komoditisasi gas alam merupakan kesempatan bagi UK, bukan ancaman.’ Ini akan menyebabkan trader untuk ‘berbelanja’.’

Selanjutnya mendukung kepercayaanya bahwa LNG akan menjadi komoditas yang diperdagangkan secara global, dia menunjukkan secara grafis dalam kargo spot LNG dan pertumbuhan dalam pengalihan kargo, khususnya ke Spanyol dan Asia. Pada 2007, dia memperkirakan, kargo spot LNG akan berkembang hingga 20 juta ton/tahun dari sekitar 11 juta ton/tahun pada 2004.

Untuk UK continental shelf, Carne mengekspresikan perhatiannya bahwa ‘supermajors’ memproduksi lebih banyak dan mengksplorasi lebih sedikit dan mengatakan dia percaya ‘pemain’ eksplorasi harus didorong oleh kebijakan investasi.(YS)

Sumber : ogj.pennnet.com