Konstruksi pipa besar yang dirancang untuk mengalirkan migas Siberia ke Asia akan dimulai musim panas ini.

Konstruksi pipa besar yang dirancang untuk mengalirkan migas Siberia ke Asia akan dimulai musim panas ini, menurut Presiden Rusia Vladimir Putin.

‘Keputusan telah diambil. Saya pikir semua perjanjian akan disimpulkan pada bulan April dan kami antisipasi awal pengerjaan selam musim panas,’ katanya dalam konferensi pers. Bagian pertama pipa yang menghubungkan Taishet di wilayah Irkutsk, Rusia, dengan Skovorodino di Amur akan selesai pada tahun 2008.

Pembangunan pipa yang diperkirakan menelan biaya antara 15-16 milyar dollar amerika akan digunakan dari Taishet, di pusat Siberia, ke Perevoznaya di pantai Pasifik dekat perbatasan Rusia-Cina. Dan juga akan didirikan 44 stasiun pompa minyak (oil-pumping stations) sepanjang rute 4200-km.

Pipa tersebut berkapasitas hingga 80 juta ton minyak pertahun untuk pengiriman ke China dan Jepang, juga ke Korea Selatan, Indonesia, Australia dan berpotensi ke US.

Bagian pertama pipa dijalankan dari Taishet ke Skovorodino, dekat perbatasan timur Siberia dengan China, harus selesai pada tahun 2008, kata Putin.

Berhubungan dengan konferensi sosioekonomi di Yakutia, timur laut Siberia, Putin mengumumkan proyek akan memerlukan dukungan dari investor swasta domestik dan asing dan pemerintah Rusia.

Dia juga memperingatkan pipa tersebut ‘tidak akan efisien’ jika industri migas tidak dibangun di timur Siberia.

Pemimpin Rusia mengatakan perluasan sektor migas di Republik Yakutia yang kaya akan sumber daya alam dapat dijadikan batu loncatan untuk pembangunan seluruh wilayah dan mendongkrak kapasitas Rusia dalam meningkatkan pasokan ke pasar Asia.

Sumber : www.forbes.com