Select Page

PTT Exploration & Production PCL (PTTEP.TH) Thailand mengatakan telah menemukan sumber potensi baru gas alam di Myanmar, walaupun belum dinilai ukuran yang terkandung didalamnya.

PTT Exploration & Production PCL (PTTEP.TH) Thailand dalam pernyataannya hari Kamis mengatakan telah menemukan sumber potensi baru gas alam di Myanmar, walaupun belum dinilai ukuran yang terkandung didalamnya.

Pada hari Rabu, PM Thaksin Shinawatra mendeklarasikan bahwa PTTEP telah menemukan lapangan gas alam yang besar di negara tetangga dengan cadangan yang bersaing dengan kandungan di Teluk Thailand.

Thaksin mengatakan kepada para pengusaha dalam rapat kebijakan ekonomi bahwa cadangan gas tersebut dapat digunakan untuk transporasi dan pembangkitan energi.

‘Pada tahun 2005 perusahaan melakukan survey seismik 2D, mengarah ke identifikasi pembentukan berbagai reservoir,’ menurut PTTEP. ‘Perusahaan mengebor sumur eksplorasi, menghasilkan penemuan gas alam. Walaupun begitu, jumlah cadangan belum bisa teridentifikasi.’

Pengerjaan eksplorasi dilakukan oleh PTTEP International Ltd., sebuah unit PTTEP, yang beroperasi dan pemilik tunggal 5 blok – M3, M4, M7, M9 dan M11 – di Myanmar.

PTTEP mengatakan berencana untuk melakukan survey canggih dan pengeboran di blok gas yang baru ditemukan di Myanmar sebelum menentukan program produksi.

PTTEP juga mengumumkan pada hari Rabu telah menemukan gas alam dan minyak mentah di lapangan onshore di Algeria.

Sebelumnya dalam minggu ini, perusahaan tersebut mengatakan akan menginvestasikan senilai THB 230.60 milyar selama 2006-10. Disamping memberikan dana pada proyek produksi yang ada, PTTEP juga berinvestasi pada proyek yang sedang dalam eksplorasi di Myanmar, Algeria, and Vietnam.

Sumber : sg.biz.yahoo.com

Share This