Pemerintah Rusia mendiskusikan kemungkinan pemindahan saham Rusia dalam Caspian Pipeline Consortium (CPC) ke manajemen Transneft.

Penulis asli : Anna Skornyakova, Natalya Skorlygina

Pemerintah Rusia mendiskusikan kemungkinan pemindahan saham Rusia dalam Caspian Pipeline Consortium (CPC) ke manajemen Transneft. Keputusan akhir belum ditentukan tapi kepala CPC telah menyuarakan perhatiannya atas rencana tersebut.

Pipa sepanjang 1.580 km Caspian Pipeline Consortium terbentang dari lapangan minyak di Kazakhstan Barat ke pantai Rusia di laut Hitam. 30,5 juta metric ton minyak dipompa melalui pipa pada tahun 2005. Kapasitasnya diharapkan mencapai 67 juta ton. Saham Rusia dalam Konsorsium adalah 24%, Kazakhstan memiliki 19%, dan sisanya milik perusahaan-perusahaan internasional yang berbeda.

Sergey Grigoryev, wakil presiden Transneft, menegaskan pada Kommersant bahwa perusahaan telah menerima surat dari Kementrian Perdagangan dan Pembangunan Ekonomi Rusia yang menanyakan penentuan manajemen saham Rusia dalam Proyek Pipa Kaspia. “Jika kami dipercaya, kami akan mengelola aset ini dengan cara yang paling efisien untuk Rusia,” kata eksekutif. Perusahaan mendiskusikan masalah tersebut tapi “banyak yang menentang akan ide tersebut daripada yang mendukung’. Presiden Transneft, Semen Vainshtok berulang kali menyatakan tarif pemompaan melalui CPC diset terlalu rendah, Hutang konsorsium terlalu besar dan Rusia tidak memperoleh keuntungan dari minyak yang transit di wilayahnya.

Konsorsium telah menentang ide Transneft untuk mengelola saham Rusia. Ian R. MacDonald, direktur umum perusahaan, mengirimkan surat kepada PM Rusia Mikhail Fradkov pada bulan November mengklaim partisipasi Transneft akan membawa konflik.

Saham Rusia dalam Caspian Pipeline Consortium dikelola oleh Federal Property Management Fund, sementara Kementrian Perdagangan dan Pembangunan Ekonomi mewakili negara dalam perusahaan. Pemberi laporan federal Property Fund, Dmitry Nikitenko mengatakan pada Kommersant bahwa agensinya belum menerima dokumen resmi tentang transfer saham dalam CPC ke Transneft. Kementrian Perdagangan dan Pembangunan Ekonomi mengurangi komentarnya. Meskipun, kementrian belum memastikan keputusan.

Sumber : www.kommersant.com