Gulfsands Petroleum PLC, Houston, telah menandatangani letters of intent dengan MB Drilling Overseas Ltd., Damascus, Syria, untuk dua rig pengeboran land-based.

Gulfsands Petroleum PLC, Houston, telah menandatangani letters of intent dengan MB Drilling Overseas Ltd., Damascus, Syria, untuk dua rig pengeboran land-based : Rig MB 21, yang mampu mengebor sumur cretaceous dangkal; dan Rig MB 3, yang dirancang untuk pengeboran di zona Paleozoic yang lebih dalam.

Gulfsands dan rekannya, Emerald Energy PLC, UK, telah memilih prospek pertama dari dua prospek yang akan dibor di blok 26 di timur laut Syria.

Perjanjian tersebut menuntut MB 21 untuk mengebor satu sumur dengan pilihan sumur kedua, sementara MB 3, yang akan dibagi dengan perusahaan lain yang beroperasi di Syria, diharapkan bisa dikontrak selama 1 tahun dengan pilihan memperpanjang dua tambahan periode 1-tahun untuk memungkinkan proyek pengeboran serangkaian sumur Paleozoic selama 2006-07. Gulfsands diharapkan menandatangani kontrak definitif rig dalam waktu singkat dan sedang dilakukan upaya negosiasi.

Souedieh Utara, di bagian timur laut blok seluas 11.000 km2, akan menjadi prospek pertama yang akan dibor. Sumur tersebut akan dibor hingga TD 7.216 kaki ke reservoir Cretaceous, yang sama dengan yang berproduksi di perbatasan lapangan minyak Souedieh dan Karachok. Proyek ini telah diperkirakan memiliki cadangan sebanyak lebih dari 100 juta bbl minyak. Gulfsands berencana untuk spud sumur tersebut pada 1 Mei.

Proyek pertama, Tigris, juga terdapat di bagian timur laut blok. Sumur ini akan dibor hingga 14.760 kaki TD, menargetkan serangkaian reservoir batu pasir Carboniferous dan Devonian. Struktur Tigris merupakan bagian dasar lapangan minyak Souedieh, lapangan minyak terbesar di Syria, dimana minyak dengan gravitasi medium diproduksi dari pasir mid-Cretaceous.

Evaluasi Wireline log untuk sumur yang sudah dibor beberapa tahun lalu dalam struktur telah teridentifikasi sebagai zona pay di reservoir tersebut. Sumur Tigris-1 akan meningkatkan akumulasi hidrokarbon potensial reservoir ini. Prospek telah memperkirakan cadangan lebih dari 500 juta boe. Sumur tersebut diharapkan spud pada akhir Agustus.

Gulfsands selanjutnya mengevaluasi sumur yang sudah ada dan data seismik 3D yang menilai lebih akurat potensi struktur. Dikatakan prospek untuk tambahan cadangan yang signifikan sangat bagus. Dan direncanakan akan mengebor 4 sumur di Blok 26 pada bulan Agustus 2007.

Sumber : ogj.pennnet.com