Select Page

China dan Saudi Arabia menandatangani perjanjian untuk mengekspansi kerja sama energi pada 23 Januari

China dan Saudi Arabia menandatangani perjanjian untuk mengekspansi kerja sama energi pada 23 Januari selama kunjungan Raja Saudi Abdullah ke pasar minyak besar yang perkembangannya paling pesat di dunia. Perjanjian atas ‘kerja sama dalam minyak, gas alam dan mineral’ ditandatangani oleh Menteri Perminyakan Saudi Ali al-Nuaimi dan Ma Kai, menteri Pembangunan Wilayah China dan and Komisi Reformasi. Hal ini menindaklanjuti pertemuan antara Raja Abdullah dan Presiden China Hu Jintao.

Keduanya tidak segera mempersiapkan detail persetujuan, tapi Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Saud al-Faisal mengindikasikan sebelum penandatanganan akan dilakukan proyek kerjasama yang lebih spesifik di masa depan.

Analis energi mengatakan perjanjian itu merupakan yang pertama antara kedua pemerintah dalam bidang energi. Kedua negara sebelumnya telah menandatangani perjanjian spesifik dalam area seperti pembangunan kilang minyak dan pengeboran.

Saudi Arabia merupakan eksportir minyak terbesar dunia dan China adalah konsumen terbesar kedua. China mengimpor lebih dari 20 juta ton minyak dari Saudi Arabia tahun lalu, terdiri dari sekitar 14% dari total impor miyaknya.

Sumber : www.industryweek.com

Share This