Select Page

Kementrian Pertahanan Perancis dan Inggris sedang menjajaki pendekatan akan keamanan energi yang menurut beberapa pejabat dapat membentuk blueprint untuk kebijakan Eropa.

Penulis asli : Peggy Hollinger

Kementrian Pertahanan Perancis dan Inggris sedang menjajaki pendekatan akan keamanan energi yang menurut beberapa pejabat dapat membentuk blueprint untuk kebijakan Eropa.

Walaupun pembicaraan tersebut masih informal dan pada tahap awal, kepentingan usaha tersebut telah meringankan beban akibat perselisihan antara Rusia dan Ukraina akan harga gas, begitu juga tigginya harga minyak.

Krisis tersebut telah membangkitkan debat akan apakah Europe membutuhkan kebijakan energi untuk mengatasi ketergantungannya akan impor.

Christophe-Alexandre Paillard, dari Direktorat Hubungan Strategis Kementrian Pertahanan Perancis, mengatakan kedua negara sedang berusaha untuk membangun ‘pendekatan energi yang selazim mungkin, dalam bidang pertahanan dan ekonomi’.

Katanya diharapkan dokumen yang menyusun pendekatan lazim dapat dihasilkan pada akhir tahun, yang dapat diberikan kepada Komisi Eropa. Dia mengakui proyek tersebut masih menghadapi oposisi politik di kedua negara baik Perancis maupun Inggris.

Diskusi telah mencapai pembuatan pendekatan kepada produsen energi seperti Rusia, untuk memastikan kestabilan wilayah produksi energi kunci, dan untuk melakukan pendekatan bersama dalam pertemuan energi yang dibutuhkan oleh militer.

‘Inggris kemarin mendesak Rusia untuk meratifikasi International Energy Charter sebagai jalan untuk menciptakan ‘sistem berbasis peraturan’ untuk menetapkan perselisihan yang melewati batas,menurut Andrew Jack di Davos.

Alan Johnson, sekretaris negara untuk pedagangan dan industri, mengatakan hal ini menyediakan mekanisme untuk menyelesaikan konflik yang dapat membantu mengatasi ‘trauma’ Ukraina.

Sumber : news.ft.com

Share This