Harga minyak naik pada hari Senin karena kakhawatiran akan pasokan, karena Iran tetap menentang Barat atas ambisi nulkirnya dan serangan militan di Nigeria.

Harga minyak naik pada hari Senin karena kakhawatiran akan pasokan, karena Iran tetap menentang Barat atas ambisi nulkirnya dan serangan militan di Nigeria. Minyak jenis Light, sweet crude untuk pengiriman Maret naik 45 cents manjadi $ 68.21 per barrel di New York Mercantile Exchange dalam perdagangan elektronik Asia. Kontrak yang naik $ 1.50 pada hari Jumat tetap pada $ 67.76 per barrel.

Heating oil naik 1.21 cents menjadi $ 1.8190 per gallon sementara gasolin naik 2.07 cents menjadi $1.7571 per gallon.

Harga juga naik karena mengamati pertemuan OPEC di Wina pada hari Selasa.

Kartel tampaknya tidak akan menghentikan produksi, walaupun Iran, produsen minyak terbesar kedua OPEC, yang sedang dalam tekanan internasional atas program nuklir barunya, secara resmi mengatakan pembangunan pasokan berlebih karena alasan penghentian.

Menteri Perminyakan Saudi, Ali Naimi, salah satu suara yang sangat berpengaruh di OPEC, mengatakan pada hari Minggu saat baru tiba di Wina menuju pertemuan, bahwa kartel tidak puya alasan untuk menghentikan outputnya pada pertemuan ataupun tahun ini.

Iran bersikeras lanjutan program nuklirnya ditujukan untuk membangkitkan listrik, sementara US dan beberapa negara Eropa takut akan mengarah ke pembuatan senjata nuklir.

Jerman, Perancis, Inggris dan US menuntut Iran untuk menyerahkannya ke DK PBB, gerakan yang mengarah ke sanksi. Sementara China dan Rusia tetap tidak bisa diyakinkan.

Para meteri luar negeri mengadakan pertemuan terbatas di London pada hari Minggu dalam usahanya untuk memutuskan kebuntuan diplomatik atas program nuklir Iran.

Dalam kegelisahan Nigeria, pria bersenjata merampok kantor perusahaan minyak Daewoo Korea Selatan sejumlah tunai $ 250.000, menurut polisi pada hari Minggu.

Kekerasan dan penyanderaan mulai awal tahun ini telah menyebabkan 24 orang meninggal dunia, menghentikan ekspor dan mendorong tingginya harga minyak mentah. Ini merupakan perampokan bersenjata yang kedua di wilayah produksi minyak di Nigeria, eksportir minyak terbesar di Africa.

Sementara itu, gas alam Nymex untuk pengiriman Maret naik 24.7 cents menjadi $ 8.754 per 1.000 kaki kubik.

Sumber : www.wjla.com