North Drilling Co. (NDC), Iran dan China Oilfield Services Ltd. (COSL), unit pengeboran dari China National Offshore Oil Corp., telah menandatangani perjanjian kerja sama yang meliputi perbaikan dan pemeliharaan rig pengeboran semisubmersible Alborza di Laut Kaspia.

Penulis asli : Eric Watkins

North Drilling Co. (NDC), Iran dan China Oilfield Services Ltd. (COSL), unit pengeboran dari China National Offshore Oil Corp., telah menandatangani perjanjian kerja sama yang meliputi perbaikan dan pemeliharaan rig pengeboran semisubmersible Alborza di Laut Kaspia.

Dalam pernyataannya, COSL mengatakan perjanjian tersebut senilai $ 33 juta untuk waktu 3 tahun, juga meliputi manajemen eksplorasi, staff untuk manajemen pengujian dan operasional semi, dan training pekerja Iran.

COSL akan melakukan pengeboran dua sumur eksplorasi, juga menetapkan senior manajemen dan managemen rig minyak dan memberi pelatihan pada staff lokal di Iran.

Selama acara penandatanganan pada tanggal 20 Januari, Direktur Eksekutif NDC, Heidar Bahmani mengatakan eksplorasi dan eksploitasi minyak di laut ‘selalu merupakan tujuan Iran yang sudah berlangsung lama.’

Dikatakan juga bahwa COSL telah menerima kontrak atas kemampuan teknisnya dan tawaran yang lebih beralasan dibandingkan dengan pesaing Eropanya.

CEO dari COSL dan Presiden Yuan Guangyu mengatakan perjanjian ini mewakili terobosan baru dan model pelayanan baru untuk perusahaan China dengan menyediakan layanan servis manajemen daripada hanya memasok peralatan.

Kontrak Lain

Perjanjian COSL dengan Iran merupakan yang terakhir dari beberapa perjanjian perusahaan China dalam beberapa bulan:

  1. 17 Januari, COSL mengatakan memperoleh tiga service contract dengan CNOOC Myanmar senilai $ 4,95 juta untuk menyediakan fluida predrilling, fluida pengeboran, dan operasi cementing di sebuah blok onshore di Myanmar. Order mengikuti kontrak yang diperoleh pada Januari 2005 oleh CNOOC Myanmar Ltd., Singapore Golden Aaron Pte., dan China Huanqiu Contracting & Engineering Corp. untuk mengeksplorasi migas di tiga blok di Myanmar.
  2. December 2005, COSL mengatakan memperoleh kotrak selama 2-tahun senilai $ 3,7 juta dari Philippine National Oil Co. (PNOC) untuk menyediakan layanan cementing-sumur geotermal. Dalam kontrak, COSL akan melayani PNOC dengan fasilitas, peralatan, tenaga kerja, dan pendukung teknis untuk membantu PNOC mengekstraksi energi geotermal untuk pembangkitan tenaga listrik. Kontrak tersebut meliputi 28 sumur dan operasi pengeboran yang akan dimulai bulan Maret.
  3. November 2005, COSL mengatakan memperoleh dua kontrak pengeboran di Australia dan Myanmar senilai $ 46 juta. Sebanyak $ 40 juta, service contract untuk 1-tahun dengan Woodside Energy Ltd., Australia untuk menyediakan layanan yang berhubungan dengan pengeboran mulai bulan April, dan service contract senilai $ 6 juta dengan Daewoo International, Korea Selatan untuk mengebor offshore Myanmar.

Pada tanggal 23 Januari, COSL mengatakan laju utilisasi rata-rata dari rignya untuk 2005 sedikit menurun menjadi 98% dari 98.8% di tahun 2004. Dikatakan juga jumlah sumur yang dibor secara keseluruhan naik 2.1% menjadi 246, dimana 190 merupakan sumur pengembangan dan 56 merupakan sumur eksplorasi.

Sumber : ogj.pennnet.com