Select Page

Harga minyak mentah turun hari Selasa karena kekhawatiran trader akan kemungkinan gangguan atas pasokan minyak Iran mereda dan cuaca di US terus membaik.

Penulis asli : Gillian Wong

Harga minyak mentah turun hari Selasa karena kekhawatiran trader akan kemungkinan gangguan atas pasokan minyak Iran mereda dan cuaca di US terus membaik.

Minyak mentah jenis Light, sweet untuk pengiriman Maret turun 30 cents menjadi $ 64.81 per barrel di New York Mercantile Exchange pada perdagangan elektronik. Kontrak turun 26 cents dan tetap pada nilai $ 65.11 per barrel hari Senin pada floor trade.

Analis mengatakan harga turun karena pasar telah memikirkan faktor resiko akan pasokan oleh kegigihan nuklir Iran terhadap komunitas internasional.

‘Antara sekarang dan ketika DK PBB menanggapi masalah akan ada ancaman penyerangan, tapi dalam jangka pendek trader mengetahui tidak akan ada gangguan pasokan,’ menurut analis energi, Victor Shum dari Purvin & Gertz di Singapore.

International Atomic Energy Agency mengatakan hari Senin, Iran berkata pada agensi untuk menghilangkan kamera pengawas dan agensi menyegel dari situs dan peralatan nuklir pada akhir minggu sebagai tanggapannya atas laporan terhadap DK PBB atas perselisihan pogram nuklirnya. Iran bersikeras bahwa hal ini hanya untuk membangkitkan listrik, tapi US dan beberapa sekutunya menuduh Tehran mencoba membuat senjata.

Kepala agensi, Mohamed ElBaradei mengatakan Iran, produsen minyak terbesar kedua dalam OPEC, juga mengumumkan penurunan tajam jumlah dan jenis inspeksi IAEA, efektif dan segera.

Shum mengatakan perselisihan nuklir Iran sepertinya akan menjaga minyak mentah diatas $ 64-per-barrel, tapi faktor lain seperti temperatur diatas normal di US akan menjadi pertimbangan harga karena pasokan heating oil banyak dan permintaan rendah.

‘Musim dingin khususnya di US telah membaik, sehingga permintaan pasar terpenuhi. OPEC telah mengatakan tidak akan menghentikan produksi yang ditargetkan pada triwulan kedua,’ katanya.

Temperatur antara Washington, D.C., dan Boston mencapai 40 derajat hari Senin, dan salju yang banyak hanya terbatas di area Great Lakes, menurut Accuweather.com. Tapi ahli prakiraan cuaca juga mengatakan ada kemungkinan badai salju akan menghantam timur laut US akhir minggu ini.

Nymex heating oil turun 0.68 cent menjadi $ 1.756 per gallon, sementara gasolin turun 1.02 cent menjadi $ 1.634 per gallon.

Gas alam turun 17.5 cents menjadi $ 7.82 per 1,000 kaki kubik.

Sumber : www.mlive.com

Share This