Select Page

Permintaan minyak China akan tetap stabil karena teknologi efisiensi energi dan impor LNG sedang tumbuh, menurut Kepala dan CEO China National Offshore Oil Corp., Fu Chengyu.

Penulis asli : Paula Dittrick

Permintaan minyak China akan tetap stabil karena teknologi efisiensi energi dan impor LNG sedang tumbuh, menurut Kepala dan CEO China National Offshore Oil Corp., Fu Chengyu.

‘Permintaan di masa datang akan minyak – khususnya impor — tidak akan lebih tinggi daripada sekarang,’ Fu mengatakan pada konferensi energi tahunan Cambridge Energy Research Associates 7 Februari lalu.

Fu menunjukkan perkiraan bahwa permintaan minyak China lebih tinggi dalam tahun 2005 daripada 2004. ‘Sebenarnya, tidak,’ kata Fu tanpa memberikan gambaran permintaan tersebut.

Komentarnya menguatkan laporan berita China yang menyebutkan permintaan minyak negara itu turun untuk 2005. Laporan tersebut menyebutkan National Development and Reform Commission, China mengkonsumsi 318 juta ton minyak tahun 2005, yaitu sekitar 1,08 juta ton lebih sedikit dari 2004.

‘Kami akan mengeluarkan lebih, dalam menyediakan efisiensi,’ kata Fu.

Dalam beberapa aplikasi, gas impor akan mengganti minyak. Terminal LNG impor pertama China diharapkan bisa beroperasi selama semester pertama tahun ini, kata Fu.

Terminal senilai $ 846 juta yang terletak di kota Shenzhen akan mengimpor lebih dari 3 juta ton/tahun LNG dari Australia.

‘Kami menghubungkan China dengan perjanjian LNG multinasional,’ kata Fu, menambahkan bahwa China akan mengimpor LNG ’30 juta ton tiap tahunnya’.

Rencana CNOOC

Rencana CNOOC adalah untuk meningkatkan produksi minyak dengan laju 15%/tahun dan produksi gas 14%/tahun, kata Fu.

‘Kami bermaksud menjadi partisipan dalam pasar global . . . . tujuan China bukan untuk menjatuhkan order dunia tapi untuk memperkuat dan mengambil keuntungan dari itu,’ katanya. ‘Kami terikat bersama dengan hampir semua orang yang berkecimpug di dunia perminyakan yang berada di ruangan ini.’

Fu mengatakan CNOOC sama dengan perusahaan minyak lainnya dalam tujuan untuk menemukan dan membangun persediaan migas, membina pekerja terlatih, dan melindungi kepentingan stockholder.

Berbicara dengan reporter setelah pidatonya, Fu tidak menjawab dengan baik pertanyaan tentang apakah CNOOC akan mencari akuisisi di US. Tahun lalu, CNOOC menawar dan mencabut kembali tawarannya atas Unocal Corp.

‘Di luar negeri, kami akan mengembangkan dan mencari persetujuan komersial yang baik di berbagai wilayah,’ katanya. ‘Kami akan berekspansi dengan bijaksana tapi optimistik.’

Sumber : ogj.pennnet.com

Share This