Select Page

Meta Petroleum Ltd., yang dimiliki bersama oleh perusahaan investasi US Elliott Advisors dan Synergy Group dari Brazil, berencana meningkatkan produksi hingga 100.000 bpd minyak mentah.

Meta Petroleum Ltd., yang dimiliki bersama oleh perusahaan investasi US Elliott Advisors dan Synergy Group dari Brazil, berencana meningkatkan produksi hingga 100.000 bpd minyak mentah yang di-upgrade (upgraded crude oil) dari 9.000 bpd dengan meningkatkan pembangunan lapangan minyak berat Rubiales di basin Llanos, pusat Colombia.

Meta telah memberikan kontrak pada Mustang Engineering untuk front-end engineering design (FEED) dan layanan perkiraan biaya untuk kompleks peng-upgrade minyak berat di Rubiales.

Proyek tersebut meliputi desain fasilitas stabilisasi dan produksi minyak mentah, raw crude desalting dan diluent recovery, dan dua unit konversi minyak mentah berat paralel.

Mustang juga akan mendesain offsite dan sistem utilitas untuk mendukung kompleks upgrading, dan fasilitas untuk pipa yang direncanakan. Mustang dan perusahaan induknya John W. Wood Group, perusahaan saudara Energéticos akan melaksanakan pekerjaan ini.

Minyak mentah 12.5º gravity yang diproduksi saat ini diangkut dengan truk untuk dijual sebagai aspal dan minyak bahan bakar di Bogota, Cali, Medillin, dan Cartagena. Tuskar Resources PLC dari Dublin menemukan lapangan ini tahun 1989. Ketika Meta Petroleum membeli hak pembangunan tahun 2002, outputnya adalah 700 bpd dari 10 sumur. Lapangan ini sekarang telah memiliki 35 sumur.

Rencana Pembangunan

German Efromovich, kepala dari Synergy Group, tahun lalu mengatakan pembangunan Rubiales lebih lanjut akan memerlukan pengeboran 600 sumur.

Dalam wawancara yang diterbitkan Mei-Juni oleh perusahaan negara Carta Petrolera, Efromovich mengatakan lapangan ini memiliki 3 milyar bbl minyak mentah berat.

Pembangunan ini akan memakan biaya hampir $ 1 milyar, $ 300 juta untuk pengeboran dan $ 700 juta untuk infrastruktur termasuk upgrader dan pipa yang belum ditentukan ukurannya yang menuju ke Casanare. Dia mengharapkan pengeboran akan selesai tahun 2008. Produksi akan menjadi 50.000 bpd dan meningkat menjadi 100.000 bpd tahun 2010.

Sumur-sumur Rubiales tergolong dangkal, memerlukan 9 hari untuk mengebor, kata Efromovich, menambahkan bahwa program pengeboran akan melibatkan 4 atau 5 rig.

Sumber : ogj.pennnet.com

Share This