Select Page

Cadangan yang bisa diperoleh di lapangan yang dioperasikan Statoil, lapangan Kvitebjørn di Laut Utara telah ditingkatkan 50% berhubung dengan estimasi dalam plan for development and operation (PDO).

Penulis asli : Rolleiv Solholm

Cadangan yang bisa diperoleh di lapangan yang dioperasikan Statoil, lapangan Kvitebjørn di Laut Utara telah ditingkatkan 50% berhubung dengan estimasi dalam plan for development and operation (PDO).

Dalam hal volume, ini mewakili 29 milyar m3 gas alam dan secara kasar 70 juta barrel kondensat.

Alasan penyesuaian estimasi cadangan ini adalah karena adanya kondensat dan gas yang lebih banyak di reservoir daripada perkiraan sebelumnya.

‘Ini adalah berita baik, data baru menunjukkan reservoir lebih dangkal, lebih luas dan dengan kualitas yang lebih baik dari perkiraan,’ menurut Sigurd Geir Amland, operations vice president untuk Troll Gas dan Kvitebjørn. ‘Penemuan di formasi Cook juga telah memberi kontribusi yang positif.’

Gas Kvitebjørn dikirim untuk treatment di Kollsnes dekat Bergen. Gas kering (jual) dikirim melalui jaringan transportasi ke pasar Eropa, sementara NGL dikirim ke plant Vestprosess di Mongstad, utara Bergen untuk fraksionasi menjadi propana, butana dan nafta.

Peningkatan cadangan dengan demikian mengikuti umur hidup yang lama dari lapangan Kvitebjørn.

‘Peningkatan ini akan memiliki spin-offs yang positif untuk seluruh rantai nilai Kvitebjørn, Kollsnes, Vestprosess dan Mongstad,’ menurut Mr Amland. Dia juga menyebutkan kerja yang luar biasa yang dilakukan oleh organisasi Kvitebjørn.

‘Kvitebjørn merupakan lapangan high pressure/high temperature (HPHT) milik Statoil, dan proyek ini dikirim tepat waktu dan tepat budget.’

Lapangan ini telah on stream sejak musim gugur 2004 dan sekarang dikirimkan sebanyak 20,7 juta m3 gas per hari dari 7 sumur.

Ini pertama kalinya cadangan Kvitebjørn ditingkatkan sejak PDO diajukan tahun 2001. Cadangan yang diperkirakan pada waktu itu adalah 52 milyar m3 gas dan 135 juta barrels kondensat. Cadangan ini tidak direkam oleh US Securities and Exchange Commission (SEC).

Pemegang lisensi Kvitebjørn adalah Statoil dengan 43.55%, Petoro 30%, Hydro 15%, Total 5% dan Enterprise Oil Norge denagn 6.45%.

Sumber : www.norwaypost.no

Share This