Cadangan gas alam di wilayah Rocky Mountain US diperkirakan melebihi 130 tcf tahun 2030 jika pertumbuhan terus berlanjut dengan laju yang diindikasikan selama 30 tahun statistik, menurut konsultan energi Wood Mackenzie Ltd..

Cadangan gas alam di wilayah Rocky Mountain US diperkirakan melebihi 130 tcf tahun 2030 jika pertumbuhan terus berlanjut dengan laju yang diindikasikan selama 30 tahun statistik, menurut konsultan energi Wood Mackenzie Ltd..

Volume Rocky Mountain saat ini lebih dari 31% cadangan gas Lower 48, menurut WoodMac dalam laporannya yang berjudul ‘The Rockies—Plenty of gas left in the tank.’

Energy Information Administration US melaporkan cadangan gas Rocky Mountain naik menjadi 57.5 tcf akhir tahun 2004 dari 19 tcf 1977.

Peningkatan tersebut, 90% berasal dari ekstensi dan revisi, terutama di tiga negara bagian : Wyoming, New Mexico barat, dan Colorado, menurut WoodMac, yang menyebut wilayah itu ‘permainan yang sedang berkembang untuk pasokan gas domestik US.’ Analis menunjukkan sumber itu didominasi oleh gas non-konvensional.

Wilayah Rocky Mountain sebagaimana didefinisikan dalam laporan meliputi Colorado, Montana, North Dakota, Utah, Wyoming, dan setengah bagian barat New Mexico, melibatkan seluruh basin San Juan.

Tahun lalu, BP PLC, ExxonMobil Corp., dan perusahaan lainnya mengumumkan rencana ekspansi operasi di wilayah tersebut. Akusisi ConocoPhillips atas Burlington Resources Inc. senilai $ 35.6 milyar yang ditunda akan meningkatkan gas di area tersebut.

Prakiraan

WoodMac mendasarkan kesimpulannya tentang cadangan masa depan dalam dua prakiraan. Cabang prakiraan pertama dari ekstrapolasi Annual Energy Outlook 2006 dai EIA.

Menggunakan model trend untuk menmghitung apa yang akan terjadi jika pertumbuhan cadangan Rocky dari 1977 ke 2004 berlanjut di tempat yang sama, menurut WoodMac cadangan di wilayah itu bisa mencapai 133 tcf akhir tahun 2030.

Untuk perkiraan kedua, analis WoodMac mengandalakan pemodelan mereka sendiri yang diaplikasikan ke sebuah rangkaian waktu dimana data yang berurutan sangat bergantung pada poin data sebelumnya. Model tersebut menyarankan cadangan Rocky bisa mencapai 138 tcf akhit tahun 2030.

‘Walaupun kedua prakiraan ini didasarkan pada teknik set statistik yang berbeda, hasilnya sangat lurus,’ kata WoodMac. Prakiraan ini tidak termasuk kemunggikan perubahan peraturan, merger dan akuisisi, atau peningkatan teknologis.

Sumber : ogj.pennnet.com