Select Page

Uji produksi Pebercan Inc., Montreal mengindikasikan penemuan sumur di dekat tepi barat Blok 7 sabuk minyak berat (heavy oil belt ) Kuba Utara, timur Havana.

Uji produksi Pebercan Inc., Montreal mengindikasikan penemuan sumur di dekat tepi barat Blok 7 sabuk minyak berat (heavy oil belt ) Kuba Utara, timur Havana.

Sumur Tarara-100, 50 km sebelah barat Canasi dan lapangan minyak Seboruco, distabilisasi pada 700 bpd, minyak dengan 16° gravity melalui choke 12-mm.

Kualitas minyaknya sama dengan yang ditemukan tahun lalu di Santa Cruz dan lebih baik daripada penemuan di Canasi dan Seboruco, menurut perusahaan itu.

‘Sumur ini telah menemukan sebuah lapangan dangkal yang berbeda dengan tujuan awal konvensional Veloz carbonates,’ menurut Pebercan tanpa mengidentifikasi formasi produksinya.

Sumur ini dibor hingga kedalaman 3.465 m menuju prospek Tarara di Teluk Cardenas.

Pebercan ‘menjalankan produksi jangka panjang dan uji tekanan untuk menilai banyak dan kualitas potensi lapangan baru ini, yang berada pada batas data seismik yang tersedia,’ menurut perusahaan.

‘Bergantung pada hasil uji ini, sebuah program evaluasi akan dipersiapkan untuk membangun reservoir miyak baru ini. Dengan penundaan hasil survey dan uji ini, belum ada sesuatu yang bisa dikonfirmasikan bahwa struktur produktif yang ditemukan memberikan impak yang signifikan akan cadangan perusahaan,’ menurut Pebercan.

Perusahaan berencana untuk mengintegrasikan hasil studi Tarara dengan interpretasi seismik 3D baru sebelum mengebor Guanabo, struktur berikutnya di timur Tarara.

Sumur-sumur Lainnya

Sementara itu, 20 km di timur Tarara, sumur Santa Cruz-300 distabilisasi pada 1.000 bpd, minyak dengan 19° gravity melalui sebuah choke 8-mm. Diyakini laju yang lebih tinggi setelah dipasangnya surface separator yang kedua.

Pebercan dan wilayah Cubapetroleo SA (Cupet) menggambarkan rencana pembangunan untuk Santa Cruz yang memerlukan pengeboran 4-5 sumur development dan 2 sumur delineation pada tahun 2006.

Di tempat terpisah, Seboruco-101 mulai produksi pada 13 Desember 2005, dengan kapasitas 800 bpd dari Veloz. Seboruco-13 di tepi barat struktur, memperluas lapangan dan menstabilisasi pada 1.000 bpd.

Program pengeboran 2006, selain 6-7 sumur di Santa Cruz, juga diperlukan 2 sumur di Seboruco dan 1 untuk menilai perluasan lapangan Canasi. Sebuah program pilihan akan menambah 1 sumur masing-masing di Santa Cruz dan Seboruco, 4 di Tarara, dan 2 di Guanabo.

Dana yang tersedia masing-masing $ 111 juta dan $ 183 juta, difasilitasi oleh Cupet pada Januari 2006 telah ditetapkan dapat diterima oleh Pebercan untuk beberapa tahun.

Sumber : ogj.pennnet.com

Share This